Sukses

[Cek Fakta] Berhijab Bikin Rambut Rontok

Sebagain orang percaya bahwa berhijab dapat menyebabkan rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta - Hijab menjadi kewajiban bagi perempuan muslim. Di samping itu, hijab juga menjadi tren yang tengah berkembang di Indonesia. 

Namun, banyak pengguna hijab yang mengeluhkan masalah kerontokan rambut ketika mengenakan penutup kepala itu. Terlebih, permasalahan rambut rontok masuk ke dalam tiga teratas permasalahan rambut pada wanita.

Gloria Novelita yang merupakan hair expert Indonesia mengatakan, hijab sendiri memberikan pengaruh secara tidak langsung pada rambut rontok. Sehingga bukan hijabnya yang membuat rambut rontok, melainkan styling atau pemilihan tatanan rambut.

"Pemakaian hijab kini banyak macamnya. Penggunaan inner atau ciput terlalu ketat dalam digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan tekanan pada akar rambut. Apalagi penataannya dilakukan di tempat yang sama secara terus menerus," ujar Gloria Novelita yang ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Gloria menambahkan bahwa penggunaan hijab kini semakin beragam. Ada yang rambut belakangnya diikat, dicepol, terkadang diberi hair extension untuk memberi kesan mengembang pada hijab. Penataan seperti ini memberikan tekanan pada akar rambut. Sehingga semakin lama, akar rambut semakin meleah dan timbul risiko kerontokan pada rambut.

Fakta:

Hijab memberikan dampak tidak langsung pada kerontokan rambut. Namun yang berpengaruh langsung adalah pemilihan gaya atau tatanan rambut.

Kesimpulan: TIDAK SEPENUHNYA BENAR

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.