Sukses

[Cek Fakta] Isu Jokowi Pernah Dampingi Aidit Pidato

Jokowi merespon kabar bohong yang menyebut dia mendampingi Aidit saat berpidato pada 1955 silam.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi kerap mendapat isu-isu negatif. Salah satunya adalah kabar bohong atau hoax yang mengait-ngaitkan Presiden RI itu dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Dia pun mengaku heran dengan segelintir masyarakat yang masih percaya dengan isu-isu negatif tersebut.

Jokowi pun menampilkan gambar pimpinan PKI DN Aidit yang tengah pidato di depan ratusan mahasiswa Unversitas Negeri Malang (Unisma).

Dalam foto yang sempat viral beberapa waktu lalu itu, terlihat ada seorang pemuda yang berdiri di dekat podium Aidit. Pemuda itu dihubung-hubungan dengan Jokowi.

"Ada gambar mirip saya waktu DN Aidit tahun 1955 pidato, di dekatnya katanya ada saya coba. Tahun 1955 saya sudah mendampingi Aidit coba? Masya Allah, lahir saja belum, sudah dampingi," kata Jokowi dalam sambutannya saat mendatangi Universitas Islam Malang, Jawa Timur, Kamis (29/3/2018).

"Saya enggak tahu yang pinter yang membuat isu atau orang yang percaya. Tapi enggak logis," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telusuri Silsilah Keluarga

Mantan Gubernur DKI ini pun mempersilakan kepada siapa saja untuk menelusuri silsilah keluarganya. Ia juga memastikan bahwa keluarganya sama sekali tidak terkait dengan komunis, apalagi PKI.

"Sangat gampang sekali kok. Semua suruh cek saja siapa keluarga Presiden Jokowi, siapa ibunya, bapaknya, kakeknya, neneknya. Sekarang zaman terbuka," ucap Jokowi.

Isu semacam ini, sambung Jokowi, menyebabkan bangsa Indonesia menjadi pesimistis. Oleh karena itu, mantan Wali Kota Solo ini meminta masyarakat untuk tidak termakan isu-isu negatif.

"Jangan gampang termakan isu sehingga muncul pesimisme dari rakyat kita. Kita harus tawakal, ikhitar, fokus membangun negara kita," tandas Jokowi.

Fakta: 

Jokowi tidak pernah mendampingi Pimpinan PKI  DN Aidit berpidato di mana pun. Pemuda yang dikabarkan mirip Jokowi tersebut tidak punya hubungan dengan Presiden RI itu.

Kesimpulan: HOAX

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.