Sukses

Daftar 5 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah MU

Juan Mata menempati urutan pertama dalam daftar pemain termahal MU.

Manchester United (MU) mendapatkan Juan Mata dari Chelsea pada bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Spanyol itu direkrut dengan mahar mencapai 37 juta pound (Rp 741 miliar). Mata menjadi pemain termahal MU sepanjang sejarah.

Mantan pemain Valencia itu meneken kontrak selama 4,5 tahun dengan gaji mencapai Rp 3 miliar per pekan. Kedatangan Mata diharapkan mampu memperbaiki peringkat The Red Devils yang tengah bangkit dari papan tengah klasemen Premier League.

Pemain 25 tahun itu memecahkan rekor transfer pemain termahal Setan Merah sepanjang sejarah yang dipegang Dimitar Berbatov saat didatangkan MU dari Tottenham Hotspur pada 2008 lalu.

Berikut lima pemain termahal yang didatangkan MU dari data yang dikumpulkan Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. Juan Mata

Mata datang dari Chelsea pada bursa transfer musim dingin ini. Tidak mendapat tempat di skuad The Blues, Mata menjadi rekrutan termahal Setan Merah sepanjang sejarah. MU mendatangkan Mata dengan banderol mencapai 37 pound (Rp 741 miliar). Mata diproyeksikan bisa menambah kreativitas di lini tengah MU.

Mata sendiri sempat menjadi andalan dua pelatih Chelsea sebelumnya, Roberto Di Matteo dan Rafael Benitez. Dia menjadi salah satu aktor  sukses Chelsea merebut Liga Champions 2011-12 dan Europa League 2012-13. Namun kiprahnya di Chelsea mulai meredup seiring kedatangan Jose Mourinho sebagai pelatih anyar Chelsea. Mata kalah bersaing dengan Eden Hazard dan Oscar.

3 dari 6 halaman


2. Dimitar Berbatov

Pemain asal Bulgaria itu sempat membuat bursa transfer di awal musim 2008-09. Ketajaman Berbatov membuat manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson kepincut. Didatangakan Tottenham dari Bayer Leverkusen seharga 16 juta euro (Rp 267 miliar) membuat Berbatov menjadi pemain termahal dari Bulgaria sepanjang masa.

Selama empat tahun bermain di MU, Berbatov telah menyumbangkan 48 gol dari 108 penampilan.  Kehilangan tempat di tim inti, membuat Berbatov hengkang ke Fulham pada 2012. Padahal, di 2011, Berbatov menjadi top-scorer dengan 20 gol di Premier League bersama Carlos Tevez.

4 dari 6 halaman


3. Rio Ferdinand

Bek jangkung mantan pilar Timnas Inggris tersebut menempati urutan pemain termahal ke-3 MU sepanjang sejarah. Ferdinand sampai saat ini masih menjadi bagian MU. Dia didatangkan MU dari Leeds United pada 2002 dengan banderol sebesar 29,3 juta pound (Rp 590 miliar).

Faktor usia yang tidak lagi muda dan cedera membuat Ferdinand mulai kehilangan tempat di tim inti MU. Sepanjang musim ini, Ferdinand  baru tampil di 7 pertandingan MU. Tiga di antaranya, dia masuk sebagai pemain pengganti.

5 dari 6 halaman


4. Juan Sebastian Veron

Gelandang asal Argentina, Juan Sebastian Veron menempati peringkat 4 dalam daftar pemain termahal yang didatangkan MU pada 2001. Pemain plontos itu dihargai 28,1 juta pound (Rp566 miliar). Banyak pihak menilai, Veron menjadi transfer gagal MU, meskipun dia berhasil mengantarkan MH meraih gelar Premier League musim 2002-03.

Dia sulit beradaptasi dengan permainan di Premier League yang keras dan cepat. Bersama MU, dia hanya tampil di 51 laga dengan 7 gol. Dua tahun membela MU, Veron bargabung ke Chelsea. Di Chelsea, Veron sempat dipinjamkan ke Inter Milan dan Estudiantes.

6 dari 6 halaman


5. Marouanne Fellaini

Pemain berambut kribo itu menjadi pemain termahal pertama di era kepelatihan manajer baru, David Moyes di awal musim lalu. MU harus merogoh kocek hingga 27,5 juta pound (Rp 554 miliar) untuk mendatangkan pemain asal Belgia itu. Namun hingga kini, Fellaini belum memberikan pengaruh besar untuk tim. 

Menariknya, harga Fellaini lebih mahal dari Wayne Rooney yang didatangkan MU dengan harga 27 juta pound pada Agustus 2004. Rooney menempati peringkat ke-6 dalam daftar pemain termahal MU. Namun telah memberikan pengaruh besar untuk timnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini