Sukses

Wenger Rutin Menonton Final Piala FA Saat Masih Kecil

Hanya pertandingan itu yang disiarkan di Prancis. Dia menonton melalui televisi hitam putih.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger memiliki kenangan tersendiri terhadap Piala FA. Saat masih kecil, The Profesor rutin menonton final ajang domestik di Liga Inggris  setiap tahun melalui layar kaca.

Karena itu, Piala FA meninggalkan kesan mendalam baginya. Tanpa menomorduakan Premier League, turnamen sepakbola tertua di dunia itu merupakan prioritasnya. The Gunners akan menghadapi Coventry City di babak IV Piala FA, Sabtu (25/1/2014) dinihari WIB.

"Satu-satunya kompetisi yang disiarkan di Prancis saat itu adalah final Piala FA. Saya menyaksikan pertandingan melalui televisi hitam putih. Setiap tahun, saya tidak pernah melewatkannya. Bagaimana pun Piala FA prioritas buat saya," ujar  Wenger.

Pelatih 64 tahun itu menyadari, gairah Piala FA tidak semarak seperti periode 1960 hingga 1970an. Namun bagi Wenger, kompetisi ini tetap prioritas utama.

"Itu Benar, Piala FA tidak sebesar di dekade 1960-1970an, tapi kompetisi ini bagi saya masih sangat penting," ucap Wenger dikutip dari Sporting Life.

Ketika menonton pertandingan melalui televisi, Wenger mengagumi rumput Wembley yang terawat dengan baik dan bola yang digunakan dalam pertandingan. Jauh berbeda dengan bola dan lapangan tempat dia bermain di sekitar rumahnya.  

"Saya terbiasa bermain di lapangan yang buruk. Saya selalu mengingat bola putih itu (bola yang digunakan saat pertandingan Piala FA). Dulu saya bermain dengan bola bertali. Jadi bola putih itu menjadi sesuatu yang spesial saat dimainkan," jelas Wenger.

Selema hampir dua dekade menangani Arsenal, Wenger telah memberikan  4 gelar Piala FA musim 1997–98, 2001–02, 2002–03, 2004–05. (Rej)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.