Sukses

Prestasi Catur di SEA Games Bikin Bangga

Catur sudah melebihi target di SEA Games dengan merebut lima medali emas.

Indonesia memang gagal menjadi juara umum di SEA Games Myanmar 2013 lalu. Tapi ada cabang olahraga yang mampu meraih hasil fantastis di multievent antarnegara se Asia Tenggara tersebut.KONI Pusat mencatat, pecatur-pecatur Indonesia dibawah pimpinan PB Percasi adalah cabang olahraga yang berprestasi sangat gemilang.

Ini membuat Ketua Umum PB Percasi, Hasyim Djojohadikusumo bangga. "PB Percasi mengirim 13 pemain dan semua pemain pulang dengan membawa medali, kami sangat bangga," katanya usai dikukuhkan sebagai Ketum PB Percasi periode 2013-2017 oleh KONI, Rabu (8/1/2014) di Jakarta.

Pembinaan pecatur nasional secara berjenjang dan sejak dini melalui kelompok umur dengan berbagai cara telah menjadi fokus perhatian PB Percasi selama ini. “Sejak awal saya sangat yakin dengan pembinaan yang dilakukan menyeluruh dan konsisten akan mengantarkan tim catur Indonesia pada puncak-puncak prestasi dunia,” katanya.

Pada SEA Games lalu, ada 18 nomor pertandingan yang dilombakan.  Ada 7 nomor yang merupakan catur internasional, sedangkan 11 nomor lainnya adalah nomor tradisional. Indonesia merebut 5 dari 7 nomor internasional. “Dengan prestasi ini dapat dikatakan Indonesia adalah juara umum di partai catur internasional Sea Games 2013,” tegas Hashim.

Ketua KONI Pusat, Tono Suratman juga mengungkapkan kekagumannya terhadap prestasi ini."Ketika cabang lain banyak yang tidak mencapai targetnya, KONI sangat bangga catur Indonesia memperoleh 5 emas, 4 perak dan 7 perunggu,” katanya.

Hasil ini sangat jauh melampaui target yang dibebankan. Seluruh anggota tim yang dikirim memperoleh medali.“Prestasi ini adalah sebuah hasil kerja keras, strategi pembinaan yang tepat dan kepemimpinan yang kuat dari PB Percasi yang patut diteladani oleh cabang olahraga lainnya,” tambahnya. (Def)

Baca Juga:
Evan Dimas Cs Tidak Terganggu Popularitas
Webb Wasit Terbaik Dunia di 2013
Pemain Berdarah Indonesia Diklaim Gabung Roma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini