Wakil Ketua Umum PSSI: Tidak Ada Lagi Naturalisasi

Oleh Bogi Triyadi pada 07 Des 2013, 18:15 WIB
Diperbarui 07 Des 2013, 18:15 WIB
la-nyala-131207b.jpg
Perbesar
Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Matalitti menegaskan tidak akan ada lagi naturalisasi pemain. Pernyataan itu dikatakan La Nyalla, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Badan Tim Nasional (BTN), usai penandatanganan kontrak Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Senior Indonesia di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (7/12/2013).

"Tidak ada naturalisasi, tidak butuh. Masih banyak pemain-pemain kita yang bagus," tegas La Nyalla. Jangan dibiasakan, karena kita harus berubah.

Sebelum La Nyalla, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri sudah lebih dulu menyatakan anti-naturalisasi. Indra mengatakan, pemain berbakat Indonesia ada banyak dan tersebar di penjuru Tanah Air. Hanya, mereka perlu ditemukan dan dikembangkan.

Ketegasan Indra sudah dibuktikan dengan berkeliling Indonesia. Yabes Rono Malaifani yang berasal dari Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur, adalah salah satu penemuannya. Pelatih asal Sumatra Barat ini pun sukses membawa Timnas U-19 juara Piala AFF 2013 dan lolos ke Piala AFC 2014 di Myanmar.

Seperti diketahui, sejumlah pemain naturalisasi masuk dalam skuat timnas Indonesia. Di timnas senior, ada Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, dan Raphael Maitimo setelah sebelumnya Christian Gonzales. Sedangkan di Timnas U-23 terdapat Diego Michles. Pemain naturalisasi lainnya adalah Kim Jeffery Kurniawan, Stefano Lilipaly, John Van Beukering, Tonnie Cussel, dan Irfan Bachdim.(Bog)

Live Streaming

Powered by