Sukses

Peraturan Kartu Kuning akan Diubah

Platini ingin mengadopsi cara yang dilakukan di olahraga rugby.

Presiden UEFA Michel Platini punya gagasan unik untuk merubah sistem kartu kuning. Platini berniat mengadopsi peraturan di olahraga rugby. Peraturan bernama sin-bin ini diharapkan akan membuat permainan sepakbola menjadi lebih menarik.

Aturan sin-bin akan membuat pemain yang terkena kartu kuning keluar dari lapangan sementara selama beberapa menit. "Saya ingin membuatnya seperti rugby, menghukum yang bersalah dengan 10 atau 15 menit keluar dari pertandingan," ucap Platini kepada media Spanyol, AS.

Saat ini peraturan yang berlaku di sepakbola mengharuskan pemain yang terkena kartu merah atau dua kartu kuning dalam satu pertandingan diusir dari lapangan dan tidak dapat diganti.

Namun jika dalam satu pertandingan seorang pemain hanya mendapat satu kartu kuning maka mereka baru akan menjalani skorsing satu laga bila jumlah kartu kuning yang diterima sudah mencapai batas tertentu. Hal ini yang jadi perhatian Platini karena dianggap tidak adil.

Perubahan format kartu kuning belum akan diterapkan dalam waktu dekat. "Itu sebuah gagasan. Sekarang perlu mematangkannya dan melihat apakah benar-benar bagus untuk pertandingan sepakbola. Ini adalah usulan untuk dieksplorasi," sambung Platini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini