Sukses

[Full Time] Borini Bawa Sunderland Raih Kemenangan Pertama

Fabio Borini menghadiahkan poin penuh pertama untuk Sunderland. Gol Borini menuyelamatkan Sunderland dari hasil imbang.

Setelah delapan pertandingan gagal meraih poin penuh dan terpuruk di dasar klasemen sementara Liga Premier, Sunderland akhirnya berhasil meraih manisnya kemenangan. Kemenangan ini jadi lebih indah untuk Sunderland karena berhasil mereka raih saat menjamu Newcastle United yang jadi rival mereka dalam Tyne-Wear Derby.

Namun sayang, kemenangan ini masih belum bisa mendongkrak posisi klub berjuluk The Black Cats itu dari zona degradasi. Dengan poin empat Sunderland hanya mampu naik satu peringkat ke posisi 19 klasemen sementara Liga Premier, menggeser Crystal Palace yang dikalahkan Arsenal sehari sebelumnya.

Pendukung Sunderland yang memenuhi Stadium of Light, Minggu (27/10/2013) harus berterima kasih kepada pemain anyar mereka, yakni Fabio Borini. Pemain pinjaman dari Liverpool itu berhasil membuat gol yang membawa timnya unggul.

Skuat asuhan Gus Poyet itu sebenarnya berhasil mengungguli lawannya saat babak pertama berjalan baru lima menit. Sunderland unggul setelah umpan Adam Johnson dari sektor kiri pertahanan Newcastle disambut dengan sundulan oleh Steven Fletcher. Sunderland unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Newcastle yang tidak ingin dipermalukan dalam derby kali ini mencoba untuk bangkit. Usaha skuat The Magpies, julukan Newcastle, berbuah manis di menit 57. Newcastle mampu menyamakan kedudukan melalui gol Mathieu Debuchy. Debuchy berhasil mencetak gol pertamanya untuk Sunderland setelah mengkonversi umpan dari Hatem Ben Afra.

Semangat yang tidak pernah putus dari skuat Sunderland membuat Newcastle berada dalam tekanan. Perlahan tapi pasti, serangan yang dilancarkan Sunderland akhirnya berbuah gol dari kaki kanan Borini pada menit 84.

Borini memanfaatkan sebuah bola liar yang menggelinding keluar dari kotak penalti Newcastle. Tanpa ragu, Borini melontarkan tendangan first-time yang meluncur deras ke sudut kiri gawang Newcastle yang dijaga Tim Krul.

Sunderland pun berusaha keras untuk mempertahankan keunggulannya di enam menit sisa waktu normal. Mendapat tambahan waktu empat menit, Newcastle mencoba mendominasi, namun Sunderland berhasil mempertahankan keunggulannya hingga pertandingan usai.(Gan)

Susunan Pemain:

Sunderland: Westwood, Bardsley (Celustka, 77), O'Shea, Cuellar, Dossena, Larsson, Cattermole (Ki, 70), Colback, Johnson (Borini, 68), Altidore, Fletcher
Cadangan: Ki, Gardner, Celustka, Giaccherini, Mannone, Roberge, Borini.

Newcastle: Krul, Debuchy, Williamson, Dummett, Santon, Sissoko (Cisse, 46), Tiote, Cabaye, Gouffran (Sammy Ameobi, 86), Ben Arfa, Remy (Shola Ameobi, 70)
Cadangan: Anita, Cisse, Haidara, Elliot, Shola Ameobi, Obertan, Sammy Ameobi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.