Sukses

Messi-Neymar vs Ronaldo-Bale: Duel Skill vs Kecepatan

Gareth Bale dan Neymar menjadi bumbu penyedap di laga El Clasico kali ini. Meski Bale belum pasti diturunkan sebagai starter.

Laga El Clasico Sabtu (26/10/13) malam WIB di Camp Nou menjadi panggung empat pemain. Selama ini, hanya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saja yang disorot penampilannya.

Kini, ada dua pemain lagi yang disorot yaitu Neymar dan Gareth Bale. Meski Bale sendiri diragukan apakah akan ditampilkan sebagai starter.Dua bintang baru di Barcelona dan Madrid ini menjadi bumbu penyedap setelah empat musim terakhir hanya Messi dan Ronaldo saja yang ditunggu.

Neymar, spesialis penyerang kiri adalah momok bagi lawan. Seperti diketahui, dia menjadi pemain yang paling sering dilanggar di La Liga saat ini. Gocekan dan dribblingnya begitu ciamik sehingga memancing lawan untuk `menerjang` dan merebut bola.

Neymar sepertnya akan berhadapan langsungdengan Alvaro Arbeloa. Bek kanan Madrid ini sudah terbukti ampuh menghentikan pergerakan winger-winger licin seperti Arjen Robben atau Franck Ribery. Kini, dia akan mencoba melakukannya dengan Neymar.

Sedangkan Bale juga sebenarnya jago di sektor kiri. Awalnya, dia bahkan bermain sebagai bek kiri saat di Tottenham Hotspur. Sayang, posisi di penyerang kiri sudah menjadi milik Ronaldo. Belakangan, pelatih Madrid, Calo Ancelotti berkoar Bale akan menjadi starter. Nah, ini sedikit memunculkan keraguan karena dimana Ancelotti tempatkan Angel Di Maria?

Winger kanan Madrid ini sudah tampil ciamik di beberapa laga Madrid. Lawan Juventus di matchday III Liga Champions, dia menyumbangkan assist untuk gol pertama Ronaldo. Segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk memaksa Ronaldo untuk bermain di tengah. Apalagi, Karim Benzema masih saja meragukan penampilannya. Atau, Ancelotti cadangkan Di Maria di El Clasico.

"Saya memiliki waktu hingga minggu ini dan saya sudah berlatih baik seminggu ini. Jadi saya pikir saya cukup fit dan terserah bagi manajer apakah akan menurunkan saya sejak awal atau dari bangku cadangan," kata Bale sebelum pertandingan.

"Bisakah dia bermain di Nou Camp dari awal? Ya, bisa. Di mana? Jika Anda bertanya kepada dia, dia akan memilih untuk bermain di kanan. Saya pikir dia ingin menusuk dari kanan dan menembak dengan kaki kirinya," ujar Ancelotti, memberi peringatan.

Kini,Messi dan Neymar serta Ronaldo dan Bale harus membuktikan siapa yang terkuat. Ada hal spesifik yang membedakan dua pasangan bintang ini. Messi dan Neymar merupakan tipikal pemain yang mengandalkan skill. Dribling bola lalu mengecoh lawan sebelum mencetak gol menjadi ciri khas pasangan ini.

"Kami akan tetap memperahankan gaya bermain kami. Yang paling penting adalah pemain mampu kembali ke posisi semula ketika kehilangan bola. Ini agar bisa mengantisipasi serangan balik Madrid," kata Gerardo "Tata" Martino, pelatih Barcelona.

Sedangkan Ronaldo dan Bale punya ciri khas kecepatan. Siapa yang meragukan kecepatan kedua pemain ini. Bale dan Ronaldo akan benar-benar membuat pertahanan Barcelona ekstrawaspada karena kecepatan mereka.

Selain cepat, pasangan Ronaldo dan Bale juga kuat. Tendangan bebas kedua pemain ini kerap mematikan dan keras. Sementara Messi-Neymar akan memaksa pertahanan Madrid melakukan pelanggaran-pelanggaran keras.

Ini sepertinya yang bakal ditunggu fans seluruh dunia yang konon 400 juta orang akan saksikan laga El Clasico nanti. Siapa terbaik? Mari kita tunggu. (Berbagai Sumber/Def)

Rapor Pasangan Bintang

Barcelona
Messi
Tampil: 10
Gol: 12
Assist: 3

Neymar
Tampil: 10
Gol: 3
Assist: 5


Madrid
Ronaldo
Tampil: 12
Gol: 15
Assist: 1

Bale
Tampil: 169 menit
Gol: 1
Assist: 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini