Sukses

Januzaj `Dipaksa` Ayahnya Perkuat Kosovo

"Saya ingin ia bermain bersama Kosovo, tapi kini situasi sangat sulit. FIFA belum memberikan izin kepada Kosovo," ujar sang ayah.

Dalam beberapa pekan terakhir, spekulasi negara mana yang akan dipilih Adnan Januzaj menjadi salah satu perdebatan oleh beberapa pihak. Tak tahan dengan kondisi ini, sanga ayah Abedin, pun memberikan komentarnya.

"Saya ingin ia bermain bersama Kosovo, tapi kini situasi sangat sulit. FIFA belum memberikan izin kepada Kosovo untuk bermain di pertandingan kompetitif," kata sang ayah seperti dilansir 101greatgoals, Sabtu (19/10/2013).

Sebelumnya, Januzaj mengatakan keputusan membela sebuah negara diserahkan kepada sang ayah. Dengan demikian, Inggris dan negara lain seperti Belgia, Turki dan Albania harus siap kecewa jika FIFA memberikan keanggotaan penuh kepada negara Balkan tersebut.

Januzaj memang tengah diperebutkan oleh beberapa negara karena memiliki keturunan. Setidaknya pemain berusia 18 tahun itu bisa membela empat negara. Januzaj bisa tampil bersama Belgia, Albania, Kosovo, dan Turki.

Bahkan, Asosiasi sepak bola Inggris (FA) berniat menaturalisasi Januzaj agar bisa bermain di timnas Inggris. Keinginan FA merujuk aturan tinggal di sebuah negara lebih dari lima tahun. Saat ini, Januzaj itu baru tinggal selama dua tahun.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008 lalu dan hingga kini masih terus memperjuangkan status penuh dari FIFA. Di awal tahun 2013, FIFA mengizinkan negara Balkan tersebut menggelar laga uji coba dengan harapan bisa mendapat keanggotaan penuh dalam waktu dekat. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Adnan Januzaj adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain untuk klub Sunderland dan pemain pinjaman dari Manchester United.
    Adnan Januzaj adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain untuk klub Sunderland dan pemain pinjaman dari Manchester United.

    Adnan Januzaj

  • Kosovo