Doohan: Marquez Harus Berjuang Keras untuk Juara

Oleh Liputan6 pada 17 Okt 2013, 20:10 WIB
Diperbarui 17 Okt 2013, 20:10 WIB
mick-doohan-131017c.jpg
Perbesar
Pembalap muda asal Spanyol Marc Marquez dapat mengunci gelar juara dunia MotoGP sekaligus menjadi pembalap pemula pertama yang memenanginya dalam 35 tahun terakhir jika hasil balap di Sirkuit Phillip Island menguntungkan dirinya.

Bintang Spanyol 20 tahun itu memiliki keunggulan sebanyak 43 angka dari Jorge Lorenzo yang ada di posisi kedua. Kemenangan yang berharga 25 angka dapat memberikan gelar dunia kepadanya apabila Lorenzo gagal finis di urutan kedua.

Jika hal itu terjadi, Marquez menjadi pembalap pemula pertama yang mengunci gelar sejak Kenny Roberts melakukannya pada 1978. Namun juara kelas utama lima kali asal Australia Mick Doohan menyebut Marquez masih perlu berjuang keras.

"(Gelar) kejuaraan belum menjadi miliknya meski sepertinya semuanya sangat terkendali. Marquez benar-benar memerlukan masalah mekanis atau kecelakaan lain untuk dialami Lorenzo, sehingga ia memiliki peluang melaju dari sini," kata Doohan seperti dikutip dari AFP, Kamis (17/10/2013).

Tugas Marquez untuk mengunci kemenangan dapat diperumit oleh rekan setimnya di Honda, Dani Pedrosa. Pembalap Spanyol itu secara matematis belum terdepak dari perebutan gelar juara, di mana ia tertinggal 54 angka dari Marquez. (Ant/Vin)