Sukses

Duel Hidup-Mati Senegal dan Uganda

Kedua tim sama-sama masih bisa lolos ke babak selanjutnya bila memetik kemenangan.

Senegal akan menjamu Uganda di laga pamungkas Grup J kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika nanti malam. Laga ini bakal menjadi duel hidup-mati bagi kedua tim. Senegal dan Uganda sama-sama punya peluang lolos ke putaran selanjutnya.

Saat ini Senegal memuncaki klasemen dengan poin sembilan. Mereka cuma unggul satu angka saja dari Uganda. Dua tim lain di Grup J yakni Angola dan Liberia sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak selanjutnya. Uganda wajib memetik kemenangan bila ingin lolos, sedangkan Senegal hanya butuh hasil imbang.

Meski pada pertemuan pertama berakhir imbang 1-1, Uganda masih punya peluang bagus. Pasalnya, Senegal harus memainkan laga kandang ini di Maroko karena mendapat hukuman larangan menggelar pertandingan di Stadion Sedar Senghor dari Federasi Sepakbola Afrika.

Selain itu, pelatih Senegal Alain Giresse tidak akan bisa menurunkan striker Newcastle United Papiss Demba Cisse yang terkena akumulasi kartu. Bomber Chelsea Demba Ba juga masih tidak dibawa oleh Giresse. Praktis Giresse akan mengandalkan Moussa Sow dan eks pemain Manchester United Mame Biram Diouf.

Di kubu Uganda, pelatih Milutin Sredojevic mendapat kabar baik karena kapten tim Andrew Mwesigwa kemungkinan sudah bisa main setelah sembuh dari cedera pergelangan kaki. Robert Odongkara dipercaya sebagai kiper utama. Sredojevic akan mengandalkan Emmanuel Okwi untuk menjebol gawang Senegal. Okwi pekan lalu mencetak dua gol ke gawang Botswana.

Yang memusing Sredojevic adalah catatan buruk Uganda di laga tandang. Mereka belum pernah menang di kandang lawan pada Kualifikasi Piala Dunia. Mereka cuma mendapat satu poin pada laga away saat menahan Angola pada Juni 2012. (berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.