Sukses

68 Persen Skuat Barca Musim Ini Jebolan La Masia

Memasuki musim 2013/2014 semakin banyak saja pemain jebolan La Masia yang menghuni tim senior Barcelona.

Akademi sepakbola Barcelona, La Masia, terkenal sebagai salah satu tempat pencetak pesepakbola hebat sehingga Los Azulgranas tak perlu repot-repot membeli pemain. Barcelona sering memanfaatkan bakat-bakat di La Masia untuk mengisi tim inti mereka.

Nama-nama top seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez hingga Andres Iniesta merupakan jebolan La Masia. Memasuki musim 2013/2014 semakin banyak saja pemain jebolan La Masia yang menghuni tim senior Barcelona. Dari 25 pemain yang dimiliki pelatih Gerardo Martino, 17 diantaranya merupakan binaan La Masia.

Itu artinya 68 persen dari skuat Martino hasil didikan La Masia. Sebagaimana dirilis situs resmi Barca, presentase ini merupakan yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan mengalahkan catatan skuat Barca di era Josep Guardiola dan Tito Vilanova.

Sergi Roberto, Oier Olazabal, Isaac Cuenca dan Cristian Tello merupakan empat pemain terakhir yang dipromosikan dari tim junior klub yang bermarkas di Nou Camp itu. Sedangkan Xavi merupakan pemain di skuat Barca saat ini yang paling lama mengabdi selama 23 tahun.

Xavi mengalahkan kapten tim Carles Puyol yang mengabdi untuk Barca selama 18 tahun. Dari daftar 17 pemain jebolan La Masia, Sergi Roberto merupakan anggota yang paling akhir bergabung. Dia baru tiba tujuh tahun lalu. Setelah empat tahun bermain untuk tim B, Roberto akhirnya mendapat tempat di skuat utama.

Praktis hanya Jose Pinto, Javier Mascherano, Dani Alves, Alex Song, Lionel Messi, Alexis Sanchez, Ibrahim Afellay dan Neymar yang bukan pemain jebolan La Masia di skuat utama Barca.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/15DU9AE">Barca Siapkan Kiper Chelsea Sebagai Pengganti Valdes</a>
* <a href="http://bit.ly/18KfWYr">Pelatih Portugal Sebut Ronaldo Mahluk Luar Angkasa</a>
* <a href="http://bit.ly/1epgSY0">Bale Datang, Pelatih Madrid Ingin Ciptakan Sepakbola Spektakuler</a>
* <a href="http://bit.ly/17Xm98g">Tim dengan Pemain Termahal di Dunia Dibungkam Macedonia</a>
* <a href="http://bit.ly/15G0dP4">Usai Lawan Juve, Thohir Jadi Bos Baru Inter?</a>
* <a href="http://bit.ly/14yVsk9">Ronaldo Ukir Rekor Bersama Timnas Portugal</a>
* <a href="http://bit.ly/18BIdBw">Hat-trick Ronaldo Menangkan Portugal</a>
* <a href="http://bit.ly/1dWJBpx">Wow, Pemain Muda Ini Dapat Ajakan `Bercinta` Saat Wawancara</a>
* <a href="http://bit.ly/15wuNog">Putra Mourinho Gabung Fulham</a>
* <a href="http://bit.ly/1andVbi">Wanita Seksi Ini Tak Mau Jadi Pacar Pemain Bola, Kenapa ?</a>


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini