Muenchen Hadapi Lawan Berbahaya

Oleh Liputan6 pada 09 Agu 2013, 10:44 WIB
Diperbarui 09 Agu 2013, 10:44 WIB
bayern-munchen-vs-borussia-mgladbach-pla
Perbesar
Bayern Muenchen memang diprediksi bisa menang mudah ketika menghadapi Borussia M'Gladbach pada Sabtu (10/8/13) dini hari WIB nanti di Stadion Allianz Arena. Statistik berbicara, Muenchen mendominasi pertemuan head to head antara kedua tim.

Berdasarkan catatan yang ada dari 92 kali pertemuan,Muenchen 42 kali menang, 27 imbang dan 20 kali kalah. Tapi, M'Gladbach adalah musuh yang berbahaya. Setidaknya jika dilihat dari 27 kali imbang yang diraih berdasarkan statistik head to head tersebut.

Sebelum kekalahan 1-5 dan 3-4 pada Piala Audi serta Bundesliga musim lalu, M'Gladbach kerap menyulitkan Muenchen. Ini diakui sendiri oleh Joseph "Pep" Guardiola."Mereka salah satu tim terbaik di Bundesliga. Kami harus melupakan kemenangan kami terakhir di kandang mereka," ujar Pep.

Pep memang terkenal sebagai pribadi yang rendah hati. Meski memiliki skuat mentereng, dia tetap serius menghadapi tim manapun. Pep juga tahu tugas yang dihadapinya sangat besar. Dimana, dia harus bisa menyamai prestasi Juup Heynckes meraih treble seperti musim lalu.

Muenchen lalu kemungkinan tak akan diperkuat gelandang Thiago Alcantara. Pemain berdarah Spanyol-Brasil ini tak berlatih kemarin karena demam yang dideritanya. Meski demikian, ini jelas tak terlalu berpengaruh.

Pep masih memiliki Luis Gustavo atau Javi Martinez untuk menambal posisi lowong di lini tengah. Filosofi di Barcelona mulai diterapkan Pep di Muenchen. Meski pola permainan jauh berbeda. Pep kini lebih suka pakai pola 4-1-4-1.

Saat kalah dari Dortmund, Pep menginstruksikan pemainnya untuk bersenang-senang, merebut bola dan menyerang sesering mungkin.Ini adalah pola Barcelona dengan tentunya pakem permainan yang berbeda.

Sementara itu, M'Gladbach di bawah asuhan Lucien Favre juga bukan tim kacangan. Meski secara mengejutkan tersingkir di DFB Pokal akhir pekan lalu lewat adu penalti 4-5 lawan Darmstadt, M'Gladbach secara keseluruhan tetap berbahaya.
Musim lalu, mereka finis di posisi delapan dan tampil di final Piala Audi musim ini,  meski terjungkal lawan Muenchen. Favre menilai, bertemu Muenchen di laga pembukan justru menjadi keuntungan buat tim mereka.

"Mungkin ini menjadi sebuah keuntungan bagi kami bisa main melawan mereka di pekan pembuka. Kami akan melawan mereka cepat atau lambat. Ada 34 laga di Bundesliga dan semuanya bukan pekan mudah. Kami tidak takut Bayern," ujarnya. (Berbagai Sumber)