Sukses

MUI Minta Kehalalan Menu Peserta ISG Diperhatikan

Panitia diminta selalu mengawasi menu yang akan disajikan kepada peserta Islamic Solidarity Games.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Selata meminta panitia untuk selalu mengawasi menu yang akan disajikan kepada peserta Islamic Solidarity Games (ISG) III supaya memiliki kehalalan. Sebab, hal itu wajib dalam agama.

"Apalagi para peserta yang mengikuti pesta olahraga internasional itu dari negara Islam sehingga menunya harus diperhatikan," kata Sekretaris MUI Sumsel Ayik Farid di Palembang, Senin (22/7/13)

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam berbagai kesempatan juga menyampaikan agar menu yang disajikan harus diperhatikan kehalalannya.

Panitia diharapkan mulai sekarang sudah memperhatikan makanan yang akan disajikan, terutama sumber dan bahan serta cara pengelolaannya supaya memenuhi syarat kehalalan sebagaimana dianjurkan dalam agama.

"Mengonsumsi makanan halal bukan saja baik bagi kesehatan, tetapi juga dapat mencerdaskan pikiran," ucapnya.

Begitu juga dengan cideramata yang akan dijual kepada peserta pesta olahraga negara Islam tersebut, harus memenuhi syarat kehalalan.

Ketika ditanya tentang makanan dan minuman yang memiliki sertifikat halal, Ayik mengatakan, sudah cukup banyak, namun dia tidak merinci jumlahnya.

ISG akan berlangsung di Palembang dari 22 September hingga 1 Oktober 2012. Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG III yang mempertandingkan 13 cabang olahraga itu.(Ant)












* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini