Sukses

Perjalanan Mourinho dari Masa ke Masa

Perjalanan karier Mourinho cukup unik karena dia hampir selalu sukses di klub yang ditanganinya. Sikap kontroversialnya juga membuat Mourinho selalu menjadi sorotan.

Jose Mourinho baru saja dipastikan akan meninggalkan Real Madrid pada akhir musim nanti. Pria Portugal itu hari Senin (20/5/2013) mencapai kesepakatan dengan klub untuk pergi tiga tahun lebih awal sebelum kontraknya habis.

Mantan pelatih Inter Milan itu disebut-sebut akan kembali menangani Chelsea yang sempat memecatnya pada tahun 2007 lalu. Perjalanan karier Mourinho cukup unik karena dia hampir selalu sukses di klub yang ditanganinya. Sikap kontroversialnya juga membuat Mourinho selalu menjadi sorotan.

Berikut rangkuman perjalanan karier Mourinho seperti dikutip dari Reuters:

Awal Karier:

- Jose Mourinho lahir Januari 1963 di Setubal Portugal.

- Setelah karier sebagai pesepakbola yang sederhana, dia menerima pekerjaan sebagai penerjemah untuk mantan pelatih Inggris Bobby Robson di Sporting Lisbon pada 1992. Mourinho kemudian naik pangkat menjadi asisten pelatih pada kurun 1994-1996.

- Mourinho ikut pindah bersama Robson ke Barcelona pada tahun 1996. Di sana dia membantu Barca menjuarai Copa del Rey, Piala Super dan Piala Winners. Pada tahun 2000, Mourinho mendapat tugas pertama kali menjadi pelatih kepala bersama Benfica, namun tidak sukses.

Panggilan dari Porto:

- Mourinho memenangkan Piala UEFA dan trofi domestik sekaligus pada musim penuh pertamanya melatih Porto pada tahun 2003. Di tahun 2004, dia mempersembahkan gelar juara Liga Portugal beruntun ditambah trofi Liga Champions setelah menang 3-0 atas Monaco di partai final.

- Setelah itu, Mourinho mengumumkan meninggalkan Porto. Mourinho dikontrak Chelsea selama tiga tahun.

Kesuksesan di Chelsea:

- Di tahun 2005, Mourinho mampu membawa Chelsea menjuarai Liga Premier pertama kalinya dalam 50 tahun. Setahun kemudian, Chelsea mempertahankan gelarnya.

- Chelsea finis di posisi dua di belakang MU pada Liga Premier 2007. The Blues juga kalah dari Liverpool di semifinal Liga Champions. Mereka cuma kebagian Piala Liga dan Piala FA.

- Chelsea kemudian memutuskan mendepak Mourinho pada September 2007.

Berpetualang di Italia:

- Setahun setelah meninggalkan Chelsea, Mourinho ditunjuk menangani Inter menggantikan Roberto Mancini pada Juni 2008. Kehadiran Mourinho mengejutkan publik Italia dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos. Dia meraih Scudetto pada musim debutnya.

- Pada tahun 2010, Mourinho mengakhiri penantian 45 tahun Inter untuk menjuarai Liga Champions. Mourinho juga memberikan Scudetto dan Coppa Italia kepada Inter di musim yang sama.

- Setelah menjuarai Liga Champions, Mourinho memilih mencoba peruntungan bersama Madrid pada akhir Mei 2010.

Tantangan Besar di Madrid:

- Mourinho dikontrak empat tahun oleh Madrid. Pada musim perdananya Mourinho memberikan trofi Copa del Rey.

- Pada tahun 2012, Madrid dibawa Mourinho menjuarai La Liga setelah mengakhiri dominasi Barcelona. Mourinho menjadi pelatih keempat setelah Tomislav Ivic, Ernst Happel, dan Giovanni Trapattoni yang memenangi liga di empat negara berbeda.

- Mourinho mengaku sangat termotivasi bersama Madrid dan setuju menambah kontraknya selama dua tahun hingga 2016.

Masa Kelabu:

- Musim ini menjadi musim kelabu bagi Mourinho. Untuk pertama kalinya dalam karier kepelatihannya Mourinho tidak mampu mempersembahkan gelar juara. Madrid kalah 1-2 dari Atletico Madrid di final Copa del Rey.

- Pada 20 Mei 2013, Mourinho akhirnya mengumumkan akan pergi akhir musim nanti. (*)


Baca juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.