Sukses

Rekor Ferguson Dalam Catatan Angka Bersama MU

Sir Alex Ferguson menyatakan pensiun dari kursi pelatih Manchester United pada akhir musim ini. Inilah angka penting di balik karier gemilang, Fergie.

Pernyataan resmi dari klub Manchester United yang menyebut bahwa Sir Alex Ferguson menyatakan mundur dari kursi pelatih Manchester United pada akhir musim ini membuat para pecinta sepakbola dunia terkejut. Betapa tidak? Sepakbola dunia akan kehilangan sosok penting dengan sejumlah rekor mengesankan.

Setelah menukangi United selama 27 tahun, pria asal Skotlandia menyatakan mundur usai Setan Merah meraih trofi Premier League ke-20 musim ini. Selanjutnya, pria 71 tahun tersebut akan menjabat sebagai anggota dewan direksi klub.

Bersama Sir Alex, United berhasil meraih sejumlah gelar bergengsi di semua kompetisi. Mereka juga mampu mencatatkan banyak rekor mengesankan dalam beberapa musim.

Berikut adalah angka-angka penting di balik karier gemilang Sir Alex bersama United seperti yang dilansir dari Guardian :

1500 - Pertandingan terakhir melawan West Brom yang digelar pada 19 Mei mendatang akan menjadi laga ke-1500 Sir Alex bersama United.

1,033 - Pertandingan yang dijalani di Liga Premier Inggris, Ferguson mengemas kemenangan sebanyak 624, imbang 237 dan kalah 172.

3 - Sir Alex pernah memecahkan rekor transfer di Premier League sebanyak tiga kali, yaitu saat pembelian Andy Cole (7 juta pound) Juan Sebastian Veron (28 juta pound) dan Rio Ferdinand (30 juta pound). Sir Alex juga memecahkan rekor penjualan pemain saat melepas Cristiano Ronaldo ke Real Madrid dengan harga 80 juta pound pada 2009.

75 - Bersama Sir Alex, United telah memenangi 304 dari 404 laga kandang di Premier League, dengan rata-rata kemenangan 75 persen.

65 - Selama menukangi United, catatan kemenangan Sir Alex di Premier League adalah 65 persen. Satu-satunya pelatih yang mampu mengalahkan catatan rekornya adalah Jose Mourinho dengan rata-rata kemenangan 70 persen.

38 - Di bawah Sir Alex, United sukses meraih 38 trofi bergengsi di semua kompetisi. Beberapa di antaranya adalah 13 trofi Premier League, lima trofi Piala FA, dan dua trofi Liga Champions.

49 - Selama berkarier menjadi pelatih di St Mirren, Aberdeen, dan United, Sir Alex berhasil meraih 49 trofi. Catatan tersebut sekaligus mengukuhkan Sir Alex sebagai pemegang rekor juara terbanyak di Inggris.

1 - Sir Alex menjadi satu-satunya pelatih yang mampu membawa timnya mengakhiri Premier League di posisi tiga besar selama 20 tahun berturut-turut, dari 1991/92 hingga musim ini.

9691 - Laga terakhir kontra West Brom akan menjadi hari ke-9691 Sir Alex bersama United sejak bergabung pada 6 November 1986.

624 - Sir Alex menjadi pemegang rekor pelatih dengan pertandingan terbanyak di Inggris, yaitu 624 laga. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.