Sukses

Hasil BWF World Tour Finals 2022: Lolos ke Semifinal, Rinov/Pitha Belum Puas

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari belum puas setelah melaju ke semifinal BWF World Tour Finals 2022. Ganda campuran indonesia ini bertekad kembali tampil maksimal saat bertemu wakil Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari meraih tiket semifinal BWF World Tour Finals 2022. Ganda campuran Indonesia itu menang dramatis atas wakil Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue melalui pertarungan rubber game 14-21, 21-17, dan 24-22 di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (9/12).

Lolos keempat besar BWF World Tour Finals, Rinov/Pitha mengaku senang namun belum puas. Pasangan yang baru debut di turnamen bulu tangkis penutup akhir tahun ini bertekad kembali tampil maksimal.

Rinov/Pitha akan melawan pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di semifinal, Sabtu (9/12). "Rasanya luar biasa karena kita dari awal coba main nothing to lose di sini," kata Rinov.

"Bisa ke semifinal pasti senang, tapi kita belum puas. Masih ada pertandingan besok dan kita mau maksimal."

"Siapapun lawannya pasti sudah pasti berat jadi kita harus siap. Sekarang saatnya pemulihan yang bagus dan istirahat yang cukup," timpal Pitha.

Rinov/Pitra membuat sejarah di turnamen badminton penutup tahun itu. Dalam debutnya pasangan peringkat 13 dunia langsung mencapai semifinal, mendampingi Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dari China.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di ujung tanduk

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari butuh kemenangan untuk melaju ke semifinal BWF World Tour Finals 2022. Begitu juga dengan Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Tidak heran jika kedua pasangan bermain ngotot pada laga pamungkas Grup A. Rinov/Pitha sempat berada di ujung tanduk karena tertinggal 17-20 di gim penentuan.

Tetapi, semangat pantang menyerah dan keberuntungan membuat mereka berhasil menyamakan kedudukan.Rinov/Pitha kembali tertinggal dua kali 20-21 dan 21-22. Namun, lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan skor. Juara Spain Masters 2021 itupun akhirnya mampu membalikkan keadaan menjadi 24-22. "Hari ini kita lebih beruntung dari mereka. Secara permainan semua berimbang, semua ngotot dan mereka juga bermain bagus," kata Rinov.

"Kita juga diuntungkan lawan yang banyak service fault," sambungnya.

Rinov/Pitha mengatakan pertemuan pertama dengan Thom/Delphine ini membuat mereka harus mempelajari dulu pola permainan. Itu yang membuat Rinov/Pitha agak kesulitan.

"Karena pertemuan pertama jadi masih meraba-raba permainan lawan jadi memang agak kesulitan tadi," ucap Pitha."Saat tertinggal juga tadi kita tidak memikirkan apa-apa, kita hanya tahu pertandingan belum selesai. Tadi sudah selepas mungkin mainnya, yang penting masuk dulu bolanya."

3 dari 3 halaman

Hasil undian semifinal

Indonesia meloloskan lima wakil ke semifinal BWF World Tour Finals 2022. Selain Rinov/Pitha, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie (tunggal putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra).

Berikut hasil undian semifinal BWF World Tour Finals 2022.

Tunggal Putra:

Viktor Axelsen (Denmark) vs Kodai Naraoka (Jepang

Jonatan Christie (Indonesia) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Tunggal Putri:

Chen Yu Fei (China) vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Tai Tzu Ying (Chinese Taipei) vs He Bing Jiao (China)

Ganda Putra:

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Ganda Putri:

Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea)

Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Ganda Campuran:

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.