Sukses

Prediksi Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil: Pengalaman Kontra Jogo Bonito

Liputan6.com, Jakarta Brasil akan menghadapi tantangan yang cukup sulit saat melawan Kroasia pada 8 besar Piala Dunia 2022 di stadion Education City, Jumat (9/12/2022). Brasil tampil meyakinkan menuju laga perempat final Piala Dunia Qatar.

Selecao membungkam Korea Selatan 4-1 pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang penuh keseruan dan joget. Setiap mencetak gol, para pemain Brasil menampilkan joget merpati yang menimbulkan kontroversi. Brasil menampilkan filosofi permainan "Jogo Bonito" yang memiliiiki arti permainan yang indah.

Kini, Brasil diuji lawan yang lebih tangguh, Kroasia. Meski lolos lewat jalur adu penalti, Kroasia berpengalaman di Piala Dunia dengan kelolosan mereka di final Piala Dunia 2018.

Rata-rata pemain kedua tim sebenarnya sama. Baik Kroasia maupun Brasil punya rata-rata pemain berusia 27 tahun, tapi pemain Kroasia lebih matang menghadapi situasi fase gugur seperti yang ditunjukkan 4 tahun lalu.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic pun mengatakan pasukannya siap meladeni Brasil yang penuh talenta. Brasil disebutnya punya pemain yang menakutkan.

"Realistis saja, Brasil tim terbaik di dunia. Saat Anda melihat kedalaman skuad, itu menakutkan. Kami jalani tes berat di depan, tapi kami tak punya rasa takut," kata Dalic seperti dikutip croatiaweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lawan Idola

Duel Kroasia melawan Brasil akan mempertemukan empat pemain Real Madrid. Luka Modric dari Kroasia akan jumpa 3 rekannya asal Brasil yaitu Eder Militao, Vinicius Jr dan Rodrygo.

Vinicius mengaku kagum dengan sosok Modric. Gelandang veteran ini disebutnya sudah banyak membantunya berkembang.

"Selalu sulit melawan pemain yang punya kualitas luar biasa. Modric selalu mengajarkan saya, dia selalu mengajari saya tiap hari, dia bantu saya terus berkembang," kata Vinicius.

"Dia seorang contoh. 37 tahun masih main itu sesuatu yang langka, pesepak bola seperti dia, Ronaldo dan Thiago Silva menunjukkan kalau usia tak memengaruhi mereka main normal," dia menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Berpengalaman

 

Modric menjadi pemain Kroasia paling banyak main saat ini. Dia sudah main di 8 event internasional bersama Kroasia.

Dia berharap bisa meloloskan Kroasia untuk dua kali beruntun ke semifinal Piala Dunia. Di sisi lain, Vinicius meyakini Krosia punya pemain yang berbahaya selain Modric.

"Kami bersiap tak hanya untuk menghadapi Modric tapi seluruh skuad. Banyak dari mereka main dengan klub besar dan akan melakukan segalanya untuk mengalahkan kami," katanya.

 

 

4 dari 5 halaman

  Head to Head

03/06/18 UJC Brasil 2 - 0 Kroasia

13/06/14 PID Brasil 3 - 1 Kroasia

14/06/06 PID Brasil 1 - 0 Kroasia

18/08/05 UJC Kroasia 1 - 1 Brasil

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

 

 

Kroasia: Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Petkovic, Perisic

Brazil : Alisson; Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Paqueta; Raphinha, Neymar, Vinicius Jr; Richarlison

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.