Sukses

BRI Liga 1 Dimulai Lagi, PSSI: Semua Demi Kepentingan Timnas Indonesia

Ketum PSSI Iwan Bule meminta dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan Timnas Indonesia kedepannya.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, BRI Liga 1 2022/2023 akhirnya bisa dilanjutkan lagi pada 5 Desember 2022 lalu setelah rehat dua bulan. PSSI senang kompetisi bisa berlanjut lagi karena semua ini untuk kepentingan timnas Indonesia agar bisa berprestasi.

Timnas Indonesia memang sudah dinanti banyak agenda internasional. Yang terdekat adalah Piala AFF 2023. Kemuadian ada SEA Games Kamboja hingga Piala Dunia U-20 yang kebetulan akan digelar di tanah air tahun depan.

Mendukung perjuangan timnas Indonesia di kancang internasional juga sudah menjadi komitmen, sekaligus kesimpulan bersama melalui sebuah Rapat Koordinasi (Rakor) terkait penyelenggaraan Liga 1 Sepakbola yang dihadiri oleh Kemenpora, PSSI, PT LIB, Kepolisian, Kementerian PUPR serta Kemenkes hingga para pemilik klub Liga 1 yang berlangsung pada 28 November lalu.

Tak hanya itu, dalam rakor yang dihadiri para pemilik klub dari 18 kontestan Liga 1 itu pun bersepakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya terhadap terbentuknya tim nasional yang tangguh, baik untuk senior maupun untuk tim Indonesia kelompok umur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada hari Rabu (7/12/2022) saat memantau Training Camp (TC) Timnas Senior di Bali yang telah berlangsung sejak 28 November lalu.

"Sebelum Liga kembali bergulir, dalam rakor kita sepakat dan semua sepakat seperti Kemenpora, PSSI, PT LIB, para pemilik klub Liga 1, pihak Kepolisian, Kementerian PUPR, hingga Kemenkes dimana tujuan kita adalah untuk kepentingan Timnas Indonesia yang kuat, kokoh dan tangguh dalam menghadapi berbagai turnamen internasional. Jadi tidak ada lain, kecuali demi kepentingan Timnas," tegas Mochamad Iriawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Klub

Terkait komitmen bersama itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut juga meminta dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan Timnas Indonesia kedepannya.

"Saya mengajak kepada segenap stakeholder sepakbola khususnya para pemilik klub, mari kita sama-sama berbuat untuk kepentingan Bangsa dan Negara. Kita bangun Timnas kita yang tangguh. Kita dukung bersama Syahrian Abimanyu cs., untuk meraih gelar juara khususnya di Piala AFF nanti dan prestasi di ajang internasional lainnya," tambah Iwan Bule.

Indonesia bertekad mengakhiri puasa juara Piala AFF. Selama ini Skuad Garuda belum pernah sekalipun menjuarai Piala AFF. Padahal Indonesia sudah enam kali lolos ke partai final.

3 dari 3 halaman

PT LIB

Senada dengan Iwan Bule, sebelumnya Direktur PT LIB Ferry Paulus juga telah menegaskan jika klub tidak akan menghalangi pemain untuk bergabung ke Timnas membela bangsa dan negara.

"Tanggal 23 Desember sudah kick-off Piala AFF. Teman-teman klub sudah sepakat bahwa mereka tidak menghalang-halangi pemain untuk ke timnas Indonesia, dimana satu klub ada yang dua, ada yang tiga pemain," ucap Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus pada pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.