Sukses

Menang Adu Penalti, Kroasia Depak Jepang dari Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Jepang gagal memecahkan rekor menembus perempat final Piala Dunia 2022. Samurai Biru disingkirkan Kroasia di babak 16 besar usai kalah adu penalti 1-3. Kiper Dominik Livakovic jadi pahlawan Kroasia pada laga di Stadion Al Janoub pada Senin (5/12/2022) malam WIB.

Duel Jepang melawan Kroasia harus diselesaikan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit dan 2x15 menit extra time. Jepang padahal unggul lebih dulu di babak pertama sebelum Kroasia menyamakan skor pada awal babak kedua.

Jepang memulai laga dengan sangat baik. Di menit ketiga mereka hampi saja membuka keunggulan. Sayangnya sundulan Shogo Taniguchi meneruskan umpan Wataru Endo masih melebar dari gawang Kroasia.

Di menit sembilan gantian Kroasia yang hampir memimpin. Kesalahan Takehiro Tomiyasu hampir dibayar mahal. Beruntun kiper Jepang Shuichi Gonda masih bisa menepis tembakan Ivan Perisic.

Jepang mengancam lagi di menit 13. Junya Ito melepaskan umpan berbahaya ke kotak penalti Kroasia. Sayangnya Daichi Maeda dan Yuto Nagatomo gagal menyambarnya.

Kroasia seharusnya bisa memimpin di menit 27 ketika Petkovic lepas dari kawalan pertahanan Jepang. Akan tetapi Petkovic melakukan salah umpan. Bola bisa diamankan Gonda.

Jepang memiliki peluang bagus untuk memecah kebuntuan di menit 40 melalui Daichi Kamada. Dengan dingin Kamada mengecoh satu pemain bertahan Kroasia, tapi eksekusinya buruk. Bola meleset dari sasaran.

Dua menit sebelum jeda, Jepang akhirnya unggul. Umpan silang Ritsu Doan diteruskan Maya Yoshida dengan sundulan. Bola langsung disambar oleh Maeda di mulut gawang. Jepang memimpin 1-0 sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Kroasia memulai babak kedua dengan baik. 10 menit setelah turun minum papan skor sudah imbang 1-1. Ivan Perisic menjebol gawang Jepang lewat sundulan keras usai meneruskan umpan Dejan Lovren.

Skor 1-1 membuat pertandingan makin seru. Dua menit kemudian, Jepang hampir kembali unggul. Endo melepaskan tendangan dari jarak 25 yard. Bola masih bisa dimentahkan kiper Kroasia Livakovic.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit 63. Luka Modric melepaskan tendangan setengah voli dari luar kotak penalti. Gonda dengan cekatan terbang menepis sepakan cantik Modric. Di sisa 90 menit, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol lagi. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time.

3 dari 4 halaman

Extra Time dan Adu Penalti

Di extra time, kedua tim sama-sama sudah kelelahan. Tak banyak peluang yang bisa dihasilkan baik oleh Jepang maupun Kroasia.

Jepang memiliki satu peluang di extra time pada menit 104. Winger Kaoru Mitoma melakukan solo-run dan diakhiri dengan tembakan keras. Tapi Livakovic masih sigap menepisnya.

Kroasia baru bisa menciptakan peluang di menit akhir extra time saat pemain pengganti Lovro Majer melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang sayangnya masih melebar tipis. Karena tak ada gol, pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Pada babak adu penalti keberuntungan tak berpihak kepada Jepang. Livakovic jadi pahlawan Kroasia. Dia berhasil menepis eksekusi Takumi Minamino, Mitoma dan Maya Yoshida. Hanya Takuma Asano yang berhasil memperdaya Livakovic.

Di sisi lain Gonda tak bisa menepis satupun eksekusi pemain Kroasia. Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic dan Mario Pasalic sukses memperdaya Gonda. Cuma Marko Livaja yang gagal membuat gol karena sepakannya membentur tiang gawang.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Jepang: Gonda; Tomiyasu, Yoshida, Taniguchi; Nagatomo (Mitoma 64'), Ito, Morita (Tanaka 105'), Endo; Doan (Minamino 87'); Kamada (Sakai 75'); Maeda (Asano 64')

Kroasia: Livakovic; Lovren, Gvardiol, Barisic, Juranovic; Modric (Majer 99'), Kovacic (Vlasic 99'), Brozovic; Perisic (Orsic 105'), Kramaric (Pasalic 68'), Petkovic (Budimir 62', Livaja 105')

Anda juga dapat mencari tahu jadwal lengkap, hasil, klasemen, dan top skor di Piala Dunia Qatar 2022 dengan melihat berikut...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.