Sukses

BRI Liga 1 Bergulir Lagi, Ketum PSSI Iwan Bule: Terima Kasih Jokowi

Liputan6.com, Jakarta- BRI Liga 1 2022/2023 akhirnya bisa bergulir lagi setelah terhenti selama dua bulan. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas bisa digelar kembalinya kompetisi sepak bola nasional.

Seperti diketahui, Liga 1 akhirnya dapat digelar lagi dengan sistem gelembung mulai 5 Desember 2022. Sistem gelembung ini akan dipakai untuk menyelesaikan sisa pertandingan di putaran pertama.

Liga 1 sendiri dihentikan pada pekan ke-10 pasca terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu. Praktis Liga 1 tak pernah memainkan pertandingan lagi sejak 2 Oktober 2022. PSSI dan PT LIB langsung menghentikan kompetisi usai tragedi yang menelan lebih dari 100 korban jiwa itu.

"Alhamdulillah. Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo, terima kasih bapak Menko Polhukam Mahfud MD, terima kasih Bapak Menpora Zainudin Amali, terima kasih bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terima kasih kepada para tim, terima kasih kepada para suporter, terima kasih kepada segenap awak media dan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia pecinta sepakbola atas kembali digelarnya sisa laga Liga 1 musim ini," ucap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Manahan Solo, Senin (5/12/2022), seperti dilansir Antara.

Bukannya tanpa alasan seorang Ketua Umum PSSI tak henti-hentinya mengucap terima kasih atas keberlanjutan Liga 1 yang sempat terhenti lantaran tragedi Kanjuruhan itu, dimana dirinya pun melihat dibalik tragedi duka tersebut tersimpan pula ratusan ribu orang yang hidup bergantung kepada sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawa Bucket Bunga

"Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari sepakbola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM. Mereka hidup dari sepakbola," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Meski demikian, Iwan Bule tak ingin larut dalam eforia ketika sisa Liga 1 musim 2022/2023 kembali bergulir. Hal tersebut telihat dari raut wajahnya yang sedih saat membawa bucket bunga sebelum kick-off berlangsung di Stadion Manahan Solo, laga Madura United kontra PSIS Semarang, Senin (5/12/2022) yang kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sejenak.

"Kita patut bersyukur kembali digelarnya sisa Liga pada musim ini, namun di satu sisi kita pun masih sangat berduka atas tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu, akan tetapi sepakbola harus terus bergulir, karena tak sedikit orang yang bergantung hidup dari sepakbola ini. Oleh karena itu, saya mengatakan kepada para pemain di ruang ganti tadi agar bermain dengan sportif," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Sistem Bubble

Sisa pertandingan di putaran pertama Liga 1 2022-2023 ini digelar dengan sistem gelembung atau bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah namun tanpa dihadiri penonton.

Total ada empat stadion telah ditunjuk oleh PT LIB sebagai venue lanjutan Liga 1 2022-2023 sistem bubble ini, seperti Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.