Sukses

Piala Dunia 2022: Makna Mendalam di Balik Tato 4 Bintang Sepak Bola

Berikut ini ulasan mengenai makna di balik tato para bintang sepak bola dunia. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Ajang Piala Dunia 2022 Qatar sudah memasuki babak 16 besar. Sejumlah tim nasional dari beberapa negara pun telah tersingkir meskipun memiliki pemain bintang. Namun, serba-serbi mengenai bintang sepak bola di Piala Dunia 2022 ini tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas.

Salah satu yang menarik perhatian adalah penampilan para pemain sepak bola dunia yang gemar menghiasi tubuh mereka dengan tato. Ya, selama beberapa dekade tato telah digunakan untuk mengubah tubuh manusia menjadi sebuah kanvas.

Juga, lukisan yang melekat pada tubuh tersebut tak jarang memiliki arti khusus di baliknya, bahkan dapat menyentuh hati dengan nilai sentimental.

Tato di tubuh para bintang Piala Dunia 2022 ini diklaim melambangkan kesulitan dan tantangan pribadi, atau digunakan untuk menghormati keluarga mereka, mewujudkan individualitas dalam bentuk artistik, dan juga bertindak sebagai pengingat untuk terus melakukan apa yang mereka lakukan.

Dilansir dari laman The Daily Star, Senin (5/12/2022), berikut ini ulasan mengenai 4 bintang sepak bola dunia yang memiliki makna mendalam di balik tato yang melekat di tubuhnya. Siapa saja mereka?

1. Lionel Messi

Kapten timnas Argentina ini memiliki sejumlah tato yang melekat di tubuhnya. Antara lain tangan putra pertamanya (Thiago) yang memegang bola, wajah Yesus Kristus di tangan kanannya, bunga teratai, nomor punggung 10, dan masih banyak lagi.

Namun, sejauh ini tato simbol ciuman di tubuh bagian bawahnya adalah yang paling menyentuh hati, melambangkan Messi untuk sang istri, Antonela Roccuzzo.

Ya, Antonela memang telah menjadi bagian yang mendukung perjalanan sepak bolanya. Dia telah menjadi sahabat, pendukung terbesar, dan pasangan hidup Messi. Sehingga, tato ini adalah kode untuk kisah cinta yang kuat yang dimiliki oleh keduanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Neymar Jr

Tahukah kamu jika bintang sepak bola asal Brasil, Neymar Jr memiliki total 40 tato pada tubuhnya. Menariknya, sebagian tato di tubuh Neymar dibuat untuk menghormati saudara perempuannya yang bernama Rafaella Santos. Neymar memiliki tato potretnya di lengan kanannya.

Salah satu hal yang membuat tato ini begitu menyentuh hati adalah bahwa itu merupakan memorabilia dari perjalanan hidupnya.

Tato itu mengisahkan perjalanan hidup Neymar dan saudaranya yang dipenuhi dengan banyak perjuangan dan berawal dari kesederhanaan, mereka selalu bersama untuk menjalani dan melawan kesulitan hidup. Saling mendukung hingga saat ini.

Bahkan superstar PSG tersebut selalu menemui saudara perempuannya setiap kali dia merasa tertekan. Sehingga, tato tersebut memiliki arti sebagai simbol kesulitan dan hubungan mereka.

 

3 dari 4 halaman

3. Mesut Ozil

Mesut Ozil memang sudah sudah pensiun sebagai pemain timnas Jerman. Ia merupakan mantan pemain yang memperkuat Jerman di Piala Dunia 2018. Namun, nama Ozil baru-baru ini kembali ramai diperbincangkan setelah ia mengunggah foto dirinya tengah menonton Piala Dunia 2022 di Qatar.

Di samping itu semua, pesepakbola Jerman satu ini sudah tidak asing lagi dengan tato. Ozil telah memperingati kepribadian, keberanian, dan keganasannya melalui tato singa yang mengaum di bahu kiri dan lengan atas yang dia dapatkan saat bergabung dengan Arsenal.

Kutipan, 'Hanya Tuhan yang Bisa Menilai Saya' di tato tepat di bawah singa.

Hal itu menggambarkan bagaimana dia tidak khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya dan dia percaya diri dengan nilai dan keterampilannya.

4 dari 4 halaman

4. Sergio Ramos

Sergio Ramos memang tidak masuk ke dalam skuad timnas Spanyol di laga Piala Dunia 2022. Namun, ia diketahui memiliki tato yang berwarna-warni. Tato tersebut menggambarkan kepribadiannya yang penuh warna dan memperingati kariernya.

Mulai dari tato yang melambangkan pertandingan ikonik dan kemenangan, hingga tato yang memiliki nilai sentimental, yakni menceritakan kisahnya.

Sergio memiliki tato Piala Dunia, bertinta tanggal 11-07-2010 menandakan ketika dia mengangkat gelar dengan Spanyol di betis kirinya, dan tato yang melambangkan gol injury time terakhir Liga Champions melawan Atletico Madrid di kaki kirinya.

Ia juga memiliki simbol Tionghoa di belakang telinga kirinya, menggambarkan seekor serigala yang diyakini sebagai salah satu hewan favoritnya.

Di belakang lehernya dia memiliki hati yang ditusuk oleh belati dengan garis yang ditanamkan di atasnya. Bunyinya, 'Singa tidak pernah kalah pendapat domba'. Garis itu mencerminkan agresi dan kepercayaan diri Ramos di lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.