Sukses

Pimpin PDBI Jabar, Budi Setiawan Bertekad Lampaui Prestasi 2016 di Sumut

Budi mengatakan, sebagai lulusan Akpol, drum band dan marching band bukan hal yang asing karena menjadi suatu kewajiban di Polri dan TNI

Liputan6.com, Jakarta Brigjen Pol. (Purn) Drs.H Budi Setiawan MM bertekad menjadikan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Jawa Barat lebih baik kedepan, baik dari sisi organisasi maupun prestasi. Salah satunya melampaui prestasi medali emas PON XIX tahun 2016 pada PON XXI tahun 2024 di Sumetera Utara.

Hal tersebut diungkapkan Budi Setiawan usai terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PDBI Jabar masa bakti 2022-2026. Adik kandung Ketua DPRD Jabar, Brigjend TNI (Purn) H Taufik Hidayat SH MH ini terpilih secara aklamasi oleh 19 pengcab PDBI kabupaten/kota pada gelaran Musyawarah Provinsi (Musprov) PDBI Jabar 2022 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Minggu (4/12/2022).

Budi mengatakan, sebagai lulusan Akpol, drum band dan marching band bukan hal yang asing karena menjadi suatu kewajiban di Polri dan TNI. Alasannya, drum band mengajarkan disiplin mulai dari memegang alat musik dan memainkannya hingga saat berjalan sebagai bagian olahraga termasuk dari sisi seni.

"Karena itu saya sangat bangga mendapatkan kehormatan dan kepercayaan dari pengcab PDBI kabupaten dan kota untuk memimpin organisasi PDBI Jabar empat tahun kedepan," kata Budi saat ditemui usai Musprov PDBI Jabar 2022 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Minggu (4/12/2022).

Salah satu target kedepan, Budi bertekad untuk meningkatkan prestasi yang diraih Jabar di ajang PON. Sebelumnya, Jabar berhasil meraih 5 medali emas di PON XIX tahun 2016, namun tidak dipertandingkan di PON XX tahun 2021 di Papua.

"Untuk PON XXI tahun 2024 mendatang di Sumut, cabor drum band akan kembali dipertandingkan. Target saya, ingin melampaui capaian medali emas di PON XIX tahun 2016 lalu. Lebih dari 5 emas atau minimal menyamai," kata Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target

Salah satu upaya mencapai target tersebut, lanjut dia, dengan mengirimkan atlet di ajang Kejuaraan Nasional (kejurnas) drum band di Madiun, Jatim, 5-15 Desember 2022. Pasalnya, ajang kejurnas tersebut menjadi salah satu tiket untuk bisa tampil di babak kualifikasi serta mendapatka kuota untuk tampil di PON XXI pada tahun 2024 mendatang.

"Ini jadi tantangan awal saya sebagai Ketua terpilih PDBI Jabar dan kita akan support perjuangan atlet di Madiun. Kita pun berhara KONI Jabar bisa memberikan dukungan maksimal," Budi menuturkan.

Upaya lain untuk mendukung pencapaian target prestasi, kata dia, dengan menambah jumlah pengcab PDBI di kabupaten/kota. Saat ini, organisasi PDBI baru hadir di 19 kabupaten dan kota di Jabar dan secara bertahap akan diupayakan hadir di 27 kabupaten/kota di Jabar.

"Untuk itu, kita berharap dukungan dari Gubernur Jabar, wali kota dan bupati, hingga jajaran legislatif. Terutama dari dukungan anggarannya," dia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Selain itu, drum band dan marching band dapat berkolaborasi dalam event-event pariwisata kabupaten/kota untuk meningkatkan value kebudayaan di Jabar sehingga akan terjadi peningkatan kesejahteraan atlet dan pelatih serta masyarakat lokal dan pemerintahan daerah. Dalam proses kolaborasi tersebut, diharapkan adanya kerja sama dengan lembaga edukasi, komunitas musik budaya sunda, serta jejaring pengrajin cenderamata dan fesyen budaya sunda.

"Melalui kolaborasi ini, besar harapan saya akan terciptanya nuansa edukasi kolaboratif antara institusi pendidikan dari TK hingga universitas, serta penglibatan penuh masyarakat budaya. Hal ini pun diharapkan membangkitkan kegiatan drum band dan marching band, baik dalam hal kejuaraan maupun kompetisi di kabupaten dan kota sehingga merangsang munculnya bibit-bibit atlet sekaligus peningkatan kemampuan atlet. Konsep-konsep ini perlu diformulasikan dengan matang dan berlapang dada," Budi memaparkan.

Untuk jajaran kepengurusan, Bidi menegaskan, akan terus mengodog untuk memilih orang-orang terbaik di setiap posisi. Pihaknya berharap semua kabupaten/kota terwadahi sehingga bersama-sama membangun PDBI Jabar lebih baik dan muncul suasana kebersamaan diantara pegiat olahraga drum band dan marching band di Jabar.

"Pengurus ini tidak asal pilih, tapi diisi personil yang benar-benar capable. Saya yakin orang yang masuk dalam jajaran kepengurusan ini orang-orang terbaik. Saya sendiri akan fokus untuk menjaga dan melaksanakan amanah yang sudah dipercayakan rekan-rekan PDBI kabupaten dan kota untuk menjadikan PDBI Jabar ini lebih baik dan lebih berprestasi kedepan. Tidak akan dulu pada hal-hal lain, termasuk pencalonan Ketua KONI Jabar," Budi menegaskan.

Ketua Umum Pengprov PDBI Jabar 2018-2022, Gatut Susanta mengatakan, masa bakti kepengurusan PBDI Jabar 2018-2022 sebenarnya baru akan habis pada 15 Desember 2022. Beberapa alasan mendasari pelaksanaan musprov yang digelar lebih cepat sebelum masa bakti kepengurusan habis.

"Pertimbangan kita gelar hari ini karena KONI Jabar akan segera menggelar musprov pada 22 Desember 2022, lalu ada kejurnas yang harus kita ikuti dan menjadi syarat untuk keikutsertaan di PON XXI tahun 2024 dan di tanggal 6 Desember nanti akan ada Rakerda KONI Jabar. Dan dalam perjalanan kami bertemu dengan Pak Budi Setiawan yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan di PDBI Jabar dan mendspat dukungan dari semua pengcab. Itulah yang menjadi alasan kita mempercepat pelaksanaan musorprov PDBI Jabar," kata Gatut.

4 dari 4 halaman

Lebih Maju

Dengan terpilihnya Budi Setiawan sebagai Ketua Pengprov PDBI Jabar 2022-2026, Gatut berharap organisasi olahraga drum band di Jabar ini lebih baik, maju dan berkembang. Salah satunya dalam pencapaian prestasi kedepan di ajang PON XXI tahun 2024 di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Dengan dukungan penuh semua pengcab PDBI kabupaten dan kota yang hadi, musprov kali ini menjadi yang pemilihan ketua tercepat dalam sejarah sehingga pembahasan program kerja kedepan akan lebih fokus untuk peningkatan pembinaan prestasi kedepan," Gatut menegaskan.

Sementara Wakil Ketua I KONI Jabar, Verdia Yosef menitipkan terkait organisasi yang solid pada kepengurusan PDBI Jabar 2022-2026 dibawah kepemimpinan Budi Setiawan. Soliditas organisasi akan menunjang pada pencalaian prestasi di PON XXI tahun 2024.

"Semoga raihan 5 emas di PON XIX tahun 2016 bisa diulang di Sumut nanti," kata Yosef.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.