Sukses

Erick Thohir Buka Peluang Maju Jadi Ketum PSSI

Erick Thohir membuka peluang maju sebagai calon Ketum PSSI tahun depan. Erick menetapkan beberapa syarat.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya buka suara soal desakan banyak kalangan agar dirinya menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Luar Biasa (KLB) awal 2023 nanti. Mantan Presiden Inter Milan itu membuka peluang untuk maju menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Meski membuka peluang maju dalam pencalonan Ketum PSSI, Erick Thohir menegaskan baru akan mencalonkan diri apabila mendapat banyak dukungan dari pemilik suara di KLB PSSI.

“Kalau (dukungan) voters kami akan perhitungkan. Jangan juga saya melakukan sesuatu tapi tidak dapat dukungan buat apa? Kalau kita mau, tapi tidak didukung buat apa? Ya sama saja mimpi di siang bolong,” kata Erick kepada media selepas acara perayaan kemenangan "Back2Back Celebration & Champions Banner Reveal Satria Muda Pertamina" di Mahaka Arena, Jakarta, Sabtu (3/12/2022) seperti dilansir Antara.

“Kalau didukung, kita pikirkan. Tapi harus dengan kebersamaan, jangan saling menyalahkan antarsuporter, klub, PSSI, ini mesti jadi kesatuan,” ujar dia menambahkan.

Erick juga sepakat untuk melakukan transformasi total ekosistem pesepakbolaan Indonesia demi meningkatkan prestasi timnas, perbaikan liga, dan suporter.

“Ini transformasi total. Saya sudah bilang harus bongkar total. Bongkar total bukan berarti saya menyalahkan siapa pun. Semua Ketua PSSI pasti ada bagusnya tinggal mau tidak menyatukan barisan untuk mempunyai mimpi yang lebih besar. Timnas lebih baik, liga yang lebih baik, tidak terjadi tawuran suporter, fasilitas olahraga yang lebih baik dan Piala Dunia 2040,” ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencuat

Nama Erick Thohir mencuat sebagai Ketum PSSI setelah Tragedi Kanjuruhan. Akibat ratusan suporter tewas di laga Arema FC vs Persebaya, desakan agar Iwan Bule mundur terus mengemukan. PSSI akhirnya memutuskan mempercepat KLB.

Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada November bahkan merilis hasil survei yang menemukan mayoritas responden menginginkan agar Erick Thohir menjadi ketua umum PSSI. Berdasarkan survei yang dilakukan kepada 1.220 responden itu, Erick memimpin perolehan angka dengan 24,1 persen.

 

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak

Sejumlah klub hingga pengamat sepak bola bahkan turut mendukung Erick maju dalam bursa pencalonan ketua umum PSSI karena dianggap berpengalaman di dunia olahraga.

Erick Thohir memang selama ini dikenal sebagai penggemar olahraga terutama sepak bola dan bola basket. Dia pernah memimpin Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Erick Thohir juga sempat menjadi pemilik Inter Milan dan klub NBA Philadelphia 76ers.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.