Sukses

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol di Laga Grup E Piala Dunia 2022: Alvaro Morata Starter

Spanyol membutuhkan minimal hasil imbang saat hadapi Jepang di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol punya opsi lebih ringan dibandingkan Jepang saat kedua negara bentrok dalam laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang vs Spanyol akan disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio dan jaringan tv satelit Nex Parabola, mulai pukul 02.00 WIB.

La Furia Roja, julukan Spanyol, hanya butuh hasil imbang untuk menyegel tempat di babak 16 besar, untuk menghadapi Maroko atau Kroasia.

Sejauh ini, peluang timnas Spanyol boleh dikatakan paling besar. Selain unggul dalam perolehan poin, Spanyol juga punya margin gol terbaik di grup E dengan capaian +7. Produktifitas La Furia Roja melambung setelah di laga perdana pekan lalu, berhasil menang dengan skor 7-0 atas Kosta Rika.

Ini menjadi rekor kemenangan terbesar di ajang Piala Dunia 2022. Spanyol kembali menambah koleksi golnya pada pertandingan melawan Jerman sekaligus kemasukan satu gol pada pertandingan tersebut.

Ada dua skenario yang bisa mengantar La Furia Roja ke babak 16 besar. Pertama adalah dengan mengalahkan timnas Jepang di laga terakhir dan mengunci posisi pemuncak klasemen akhir Grup E.

Spanyol juga masih bisa lolos bila hanya bermain imbang melawan Jepang. La Furia Roja bahkan tidak akan tergusur dari puncak klasemen, bila di laga lainnya Kosta Rika kalah dari Jerman. Sebaliknya, bila Kosta Rika mampu menggulung Tim Panser, maka Spanyol akan tergusur ke posisi kedua.

Sementara Jepang tidak bisa berjudi dengan hasil imbang, meski dengan menahan Spanyol, bisa membawa Samurai Biru ke 16 besar dengan catatan laga Kosta Rika kontra Spanyol di waktu bersamaan berakhir imbang.

Lebih aman bagi Jepang meraih kemenangan, meski menyadari kualitas Spanyol akan cukup menyulitkan mereka di pertandingan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol

Menghadapi Jepang, pelatih Luis Enrique menurunkan Alvaro Morata sejak menit awal serta menyimpan Marcos Asensio dan Ferran Torres yang di dua laga sebelumnya selalu jadi starter.

JEPANG: Gonda, Itakura, Yoshida, Taniguchi, Junya Ito, Morita, Tanaka, Nagatomo, Kamada, Maeda, Kubo.

Cadangan: Kawashima, Yamane, Endo, Shibasaki, Doan, Mitoma, Minamino, Tomiyasu, Asano, Sakai, Machino, Ueda, Schmidt, Soma, Hiroki Ito.

SPANYOL: Simon, Azpilicueta, Rodri, Pau Torres, Balde, Gavi, Busquets, Gonzalez, Williams, Morata, Olmo.

Cadangan: Sanchez, Garcia, Llorente, Koke, Asensio, Ferran Torres, Raya, Guillamon, Pino, Jordi Alba, Carlos Soler, Carvajal, Sarabia, Laporte, Fati.

 

3 dari 4 halaman

Regulasi Penetuan Peringkat

Aturan FIFA terkait penentuan peringkat jika ada dua tim atau lebih dengan poin yang sama sebagai berikut:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

 

4 dari 4 halaman

Utak Atik Peluang Jepang dan Spanyol

Peluang Jepang

1. Jepang lolos ke babak 16 Besar jika menang lawan Spanyol, menjadi juara grup jika Kosta Rika gagal menang.

2. Jika Jepang imbang lawan Spanyol, mereka akan lolos ke babak 16 Besar andai laga Kosta Rika vs Jerman imbang.

3. Jika Jepang imbang dan Kosta Rika menang, maka Jepang gugur.

4. Jika Jepang imbang lawan Spanyol dan Jerman menang lawan Kosta Rika, maka posisi runner-up akan ditentukan lewat kriteria yang diatur di atas.

5. Jepang gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022 jika kalah.

Peluang Spanyol

1. Spanyol hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 Besar.

2. Jika menang lawan Jepang, Spanyol akan menjadi juara Grup E. Spanyol juga menjadi juara Grup E jika imbang lawan Jepang dan Kosta Rika gagal menang lawan Jerman.

3. Jika Spanyol kalah dari Jepang, mereka akan tetap lolos ke babak 16 Besar dengan syarat Kosta Rika dan Jerman bermain imbang.

4. Jika Spanyol kalah dari Jepang dan Kosta Rika menang lawan Jerman, maka Spanyol akan tersingkir.

5. Jika Spanyol kalah dan Jerman menang, kedua tim punya poin sama yakni 4 dan penentuan klasemen ditentukan lewat perhitungan di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.