Sukses

Piala Dunia 2022: Teknologi Bola Pintar Bantu FIFA Pastikan Ronaldo Tidak Jebol Gawang Uruguay

Gol Cristiano Ronaldo ke gawang Uruguay pada Piala Dunia 2022 sempat menimbulkan perdebatan.

Liputan6.com, Jakarta Teka-teki pencetak gol pertama Portugal ke gawang Uruguay pada penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) akhirnya terkuak. FIFA telah menetapkan, skor itu bukan milik Cristiano Ronaldo.

Bertanding di Stadion Lusail, Qatar, Portugal membuka kemenangannya pada menit ke-54. Gol berawal itu dari sepakan menyilang yang dilepaskan Bruno Fernandes dari sisi kanan gawang Uruguay. 

Melihat bole melintas, Ronaldo kemudian menyambar dengan kepalanya dan bola pun merobek jala tim lawan. Ronaldo kemudian berlari untuk merayakan gol tersebut. Nama Ronaldokemudian diumumkan oleh anouncer di stadion sebagai pencetak gol pertama Portugal ke gawang Uruguay sore itu.

Namun kegembiraan Ronaldo hanya berusia singkat. Sebab 10 menit setelah terjadinya gol, FIFA membuat pengumuman. "Gol itu secara resmi telah ditetapkan sebagai gol Bruno Fernandes," bunyi Twitter resmi Piala Dunia 2022. Artinya nama Ronaldo pun gagal menambah pundi-pundi golnya.  

Bruno Fernandes kemudian mencetak skor lagi pada masa injury time menit ke-90+3. Kali ini tanpa perdebatan karena gol tersebut berasal dari titik putih penalti. Fernandes sebenarnya ogah berdebat tetang gol tersebut. Menurutnya, kemenangan timnya jauh lebih penting.

Meski demikian, Fernandes juga sempat mengira kalau itu bukan golnya, tapi milik CR7. 

"Saya pikir tidak penting siapa yang mencetak gol," katanya.

"Perasaanku saat itu bilang kalau Ronaldo menyentuh bol. Saya mengumpan kepadanya. Saya merayakan itu seakan-akan itu adalah gol Cristiano Ronaldo," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Curhat

Portugal akhirnya menang 2-0 dan berhasil melaju ke babak 16 besar. Meski demikian, teka-teki gol pembuka dalam laga tersebut ternyata masih mengganjal di hati Ronaldo. Seperti dilansir The Sun, mantan pemain Manchester United itu kemudian curhat ke jurnalis kawakan Inggris, Piers Morgan.

"Ronaldo sendiri bilang kepadaku kalau dia menyentuh bola itu dengan kepalanya. Bahkan Fernandes mengakuinya," tulis Morgan melalui akun Twitternya.    

 

 

3 dari 4 halaman

Bukti Baru

Tidak ingin perdebatan terus bergulir, FIFA akhirnya mengeluarkan temuan mengenai gol misterius itu. Federasi sepak bola dunia itu kemudian merilis sejumlah gambar hasil olahan The Semi Automated Offside Technology yang digunakan pada Piala Dunia 2022. Dari potongan foto itu terlihat grafik sensor yang meningkat saat bola mengenai kaki Bruno Fernandes saat melepas tembakan. Sementara saat bola melintas di depan kepala Ronaldo, grafik sama sekali tidak menunjukkan lonjakan sama sekali. 

Seorang juru bicara produsen bola Adidas mengatakan, kalau pertandingan Portugal vs Uruguay menggunakan bola Al Rihla yang ditanami perangkat bernama Connected Ball Technology. Alat ini menurutnya bisa mendeteksi apakah seseorang pemain benar-benar menyentuh bola atau tidak. 

"Kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka di permainan. Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir."

“Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis kami.”

Bukti-bukti ini sekaligus menjadi jawaban definitif dan membantah semua klaim Ronaldo. 

 

4 dari 4 halaman

Cetak Sejarah

Cristiano Ronaldo sejauh ini baru mengoleksi satu gol di Piala Dunia 2022. Dia tertinggal satu gol di belakang rival abadinya, Lionel Messi yang sudah mengemas dua gol bersama Argentina. 

Ronaldo mencetak gol saat Portugal menang 3-1 atas Ghana di laga perdana. Berkat torehan ini, Ronaldo kini tercatat sebagai pemain yang selalu mencetak gol di lima Piala Dunia (2006 , 2010, 2014, 2018, 2022). Dia mengungguli Lionel Messi yang mencetak gol di empat edisi Piala Dunia.

Pada pertandingan berikutnya, Portugal akan bertemu dengan Korea Selatan, Jumat (2/12/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.