Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Ekuador vs Senegal: Koulibaly Bawa The Lions of Teranga Lolos ke 16 Besar

Ekuador yang sebenarnya hanya butuh hasil imbang malah kalah dari Senegal di laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Senegal berhasil kalahkan Ekuador 2-1 di laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Selasa malam WIB (29/11/2022). Gol kemenangan Senegal dilesakkan Ismaila Sarr dan Kalidou Koulibaly. Sedangkan, satu gol Ekuador diciptakan Moises Caicedo.

Dengan hasil ini Senegal berhak melaju ke babak 16 besar setelah menjadi runner up grup. Mereka mendampingi Belanda yang tampil sebagai pemuncak klasemen Grup A.

Pada pertandingan yang disiarkan langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola, Senegal nyaris membuka keunggulan saat laga baru berjalan dua menit. Lepas dari kawalan, Idrissa Gueye melepaskan tembakan, tapi bola masih melenceng.

Hanya berselang lima menit, Senegal kembali mendapat peluang menjebol gawang Ekuador. Kali ini giliran tendangan Boulaye Dia yang masih melenceng.

Senegal masih menguasai permainan hingga menit 15. Sebaliknya, Ekuador terpaksa hanya bisa mengandalkan serangan balik.

Menit 25 Ismaila Sarr berhasil merebut bola dari bek Ekuador. Tapi, sayang tendangannya dari luar kotak penalti melebar tipis di atas mistar gawang lawannya.

Ekuador mencoba bangkit dan balik menekan pertahanan Senegal. Mengandalkan Enner Valencia di lini depan, mereka masih kesulitan menembus pertahanan Senegal yang bermain sangat disilpin.

Senegal akhirnya mampu menjebol gawang Ekuador menit 44 melalui tendangan penalti. Ismaila Sarr yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tak mau menyerah begitu saja, Ekuador sejak awal babak kedua tampil agresif. Mereka terus mengurung pertahanan Senegal.

Hingga akhirnya pada menit 68, berawal dari tendangan sudut bola mengarah pada Moises Caicedo yang meneruskannya dengan sontekan. Skor imbang 1-1.

Namun, Senegal juga tak mau kalah. Hanya berselang dua menit kemudian atau menit 70 Kalidou Koulibaly membawa timnya unggul 2-1.

Pertandingan Ekuador kontra Senegal menjadi semakin sengit. Kedua tim masih saling serang untuk membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar

Ekuador yang sebetulnya hanya membutuhkan hasil imbang terus berusaha mencari gol penyeimbang. Namun, lagi-lagi mereka kesulitan menembus pertahanan Senegal.

Memasuki meit-menit akhir pertandingan, Ekuador malah kewalahan menahan gempuran Senegal. Namun, tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Ekuador (4-3-3): 1-Hernan Galindez; 17-Angelo Preciado, 2-Felix Torres, 3-Piero Hincapie, 7-Pervis Estupinan; 21-Alan Franco, 8-Carlos Gruezo, 23-Moises Caicedo; 19-Gonzalo Plata, 11-Michael Estrada, 13-Enner Valencia.

Pelatih: Gustavo Alfaro

Senegal (4-4-2): 16-Edouard Mendy; 21-Youssouf Sabaly, 3-Kalidou Koulibaly, 22-Abdou Diallo, 14-Ismail Jakobs; 11-Pathe Ciss, 5-Idrissa Gueye, 26-Pape Gueye; 13-Illiman Ndiaye, 9-Boulaye Dia,18-Ismaila Sarr.

Pelatih: Aliou Cisse

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.