Sukses

Skenario Siapa yang Lolos dari Grup D Piala Dunia 2022: Berebut Satu Tiket Tersisa

Prancis sedikit santai, tapi tidak dengan tiga negara lainnya yang berjibaku hingga akhir penyisihan grup.

Liputan6.com, Jakarta Prancis terlalu dominan di Grup D Piala Dunia 2022. Namun, bukan berarti grup ini kurang menarik untuk disaksikan hingga akhir pertandingan penyisihan grup.

Bicara siapa yang bakal lolos, Prancis menjadi tim pertama yang memastikan langkah mereka bermain di babak 16 besar. Fakta itu diperoleh Les Bleus setelah memenangi dua laga awal kontra Australia (4-1), dan Denmark (2-1).

Dua kemenangan itu membuat Prancis memimpin klasemen Grup D Piala Dunia 2022 dengan enam angka. Mereka unggul tiga angka atas Australia di posisi kedua, dan lima poin atas Denmark dan Tunisia di peringkat ketiga dan keempat.

Situasi itu membuat Australia, Denmark, dan Tunisia akan berjibaku di laga terakhir penyisihan grup untuk memperebutkan satu jatah tiket tersisa ke tahap selanjutnya. Ini yang membuat grup ini layak dinantikan, terutama siapa yang bakal menemani Prancis.

Jika mengacu posisi, Australia tentu memiliki kans besar untuk lolos. Mereka hanya membutuhkan minimal hasil imbang untuk menemani Prancis. Namun, mereka akan menghadapi Denmark di Al Janoub, Rabu (30/11/2022) malam WIB. Denmark tentunya tak akan membiarkan Australia begitu saja melenggang ke babak 16 besar.

Denmark diyakini bakal mengerahkan kemampuan terbaik mereka, apalagi tim Dinamit punya rekor pertemuan lebih mentereng selama empat pertemuan kontra Australia.

Christian Eriksen dan kawan-kawan telah meraih dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah di segala ajang kompetisi. Motivasi itu yang bakal dilanjutkan mereka pada laga nanti.

Lalu, bagaimana dengan Tunisia? Apakah wakil Afrika ini bakal menyerah begitu saja, meski lawan yang bakal dihadapi adalah tim kuat macam Prancis di Education City Stadium, Rabu (30/11/2022) malam WIB.

Tunisia pastinya tak mau mengibarkan bendera putih sebelum berperang. Mereka masih memiliki kans lolos dengan banyak catatan. Pertama, mereka wajib mengalahkan Prancis. Selanjutnya, pertandingan antara Australia kontra Denmark harus berakhir imbang tanpa gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Lolos ke Babak 16 Besar

Prancis

- Mereka sudah dinyatakan lolos, bahkan menjadi tim pertama yang bakal bermain di babak 16 besar.

- Namun, mereka tentunya memiliki ambisi meraih hasil sempurna untuk menguasai klasemen grup. Mereka tak ingin bertemu lawan lebih kuat di babak selanjutnya jika nantinya menjadi runner-up.

Australia

- Jika memungkinkan harus meraih hasil maksimal kontra Denmark.

- Jika tak tercapai, maka hasil imbang sudah cukup bagi Negeri Kanguru melaju ke babak knock-out.

- Mereka juga mengharapkan Prancis dapat mengalahkan Tunisia.

Denmark

- Kemenangan menjadi harga mati yang harus diperoleh Denmark.

- Mereka juga mengharapkan Prancis bisa mengalahkan Tunisia

Tunisia

- Tak ada pilihan selain meraih kemenangan atas Prancis.

- Jika itu belum cukup, mereka mengharapkan Australia kontra Denmark berakhir imbang.

3 dari 3 halaman

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Grup D

22 November 2022

Denmark 0–0 Tunisia

Prancis 4–1 Australia

26 November 2022

Tunisia 0–1 Australia

Prancis 2–1 Denmark

30 November 2022

Australia vs Denmark

Al Janoub Stadium, Al Wakrah

Tunisia vs Prancis

Education City Stadium, Al Rayyan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini