Sukses

Hasil Portugal Vs Uruguay di Piala Dunia 2022: Bruno Fernandes Cs ke Babak 16 Besar

Hasil Portugal Vs Uruguay, Bruno Fernandes cetak dua gol dan loloskan timnya ke babak 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta Portugal dan Uruguay berhadapan pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Duel berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Portugal meraih hasil positif pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Ghana 3-2. Sedangkan Uruguay cuma mampu bermain imbang 0-0 melawan Korea Selatan.

Pertandingan berlansung berjalan dengan tempo tinggi di awal babak pertama. Bahkan, pada 10 menit perama, Portugal melakukan dua percobaaan ke gawang, namun tak ada yang mengarah ke gawang.

A Selecao das Quinas sejatinya lebih dominan atas Uruguay dalam penguasaan bola. Di sisi lain, Edinson Cavani cs mampu merapatkan barisan pertahanannya dan membuat Portugal sulit masuk ke kotak penalti.

Sampai laga berjalan setengah jam, tak ada peluang berbahaya yang diciptakan Portugal. Uruguay juga belum mampu memberikan ancaman ke pertahanan juara Piala Eropa 2016 tersebut.

Baru pada menit ke-32, Uruguay sempat membuat jantung Portugal ketar-ketir. Pada momen tersebut, Rodrigo Bentancur membawa bola sendirian menuju kotak penalti Portugal.

Dia mengecoh tiga pemain sekaligus untuk menusuk ke kotak penalti. Namun, ketika berhadapan satu lawan satu dengan Diogo Costa, tembakannya membentur tubuh sang kiper. Costa berhasil menutup jalur tembak Bentancur dan menyelamatkan gawangnya dengan baik.

Portugal dan Uruguay terus melakuka sejumlah variasi untuk membongkar pertahanan lawan. Namun, hingga jeda belum ada gol yang tercipta. Skor sementara 0-0.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-54, Portugal membuka keunggulan melalui Bruno Fernandes.

Tembakan dengan kaki kanan dari jarak jauh di sebelah kiri ke sudut kanan bawah berhasil membuat Sergio Rochet memungut bola dari gawangnya.

Pada menit ke-58, Uruguay mendapatka peluang. Varela melakukan pergerakan bagus di sisi kanan sebelum melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Cavani mundur untuk membuat jarak dengan Pepe dan kemudian melakukan tendangan voli namun, bola masih melebar ke tiang jauh.

Pada menit ke-74, Uruguay nyaris menyamakan kedudukan. Namun, tendangan Maximiliano Gomez masih menerpa mistar gawang Portugal.

Pada menit ke-90, Portugal mendapatkan hadiah penalti setelah Jose Gimenez menyentuh bola di dalam kotak penalti. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Portugal memimpin 2-0.

Pada menit 90+8, Bruno Fernandes nyaris membuat hattrick. Mendapatkan umpan dari Matheus Nunes, Fernandes dengan leluasa melepaskan tembakan kanan di sudut sempit sebelah kanan. Namun, bola masih bisa diamankan Rochet.

Pada sisa waktu yang ada, tak ada lagi gol yang tercipta. Portugal meang dengan skor 2-0. Kemenangan ini membuat emreka lolos ke babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain:

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes/Raphaël Guerreiro (42'); Bernardo Silva, Ruben Neves/Rafael Leao (69'), William Carvalho/João Palhinha (83'); Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo/Gonçalo Ramos (82'), Joao Felix (Matheus Nunes 82').

Uruguay: Sergio Rochet; Sebastian Coates, Diego Godin/F. Pellistri (62'), Jose Gimenez; Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino/G. de Arrascaeta (62'), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera; Darwin Nunez /M. Gómez (72'), Edinson Cavani/L. Suarez (73')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.