Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022 Iran vs Amerika Serikat, Live di SCTV, Vidio, Moji, dan Nex Parabola

Ambisi Carlos Queiroz bersama Iran di Piala Dunia 2022, apakah dapat terwujud kontra Amerika Serikat?

Liputan6.com, Jakarta Timnas Iran akan menjalani peruntungan mereka di pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala Dunia 2022. Team Melli akan menghadapi kekuatan Amerika Serikat di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Pertandingan tentu saja sangat menentukan bagi kedua tim, tapi Iran memiliki ambisi besar di kesempatan kali ini. Iran bertekad memecahkan rekor untuk pertama kalinya lolos ke putaran 16 besar.

Iran sejatinya telah enam kali ambil bagian di Piala Dunia, di mana pertama kali mereka ambil bagian di Piala Dunia 1978. Sayang, mereka selalu mentok di fase penyisihan grup dalam setiap kesempatan tersebut.

Karena itu, Carlos Queiroz selaku pelatih kepala Iran memiliki keinginan kuat membawa Iran lolos ke tahap selanjutnya. Apalagi, kesempatan ini menjadi ketiga kalinya bagi pelatih berpaspor Portugal itu memimpin Iran di Piala Dunia. Queiroz pertama kali membawa Iran berlaga di Piala Dunia 2014, kemudian Piala Dunia 2018, dan kini berlaga di Qatar.

Pelatih berusia 69 tahun itu bisa saja mewujudkan ambisinya, terlebih posisi Iran cukup menguntungkan di klasemen sementara Grup B. Team Melli berada di posisi kedua dengan torehan tiga angka. Mereka hanya terpaut satu angka dari penguasa klasemen Inggris, dan unggul satu poin dari Amerika Serikat di tempat ketiga, dan dua poin dari Wales di posisi buncit.

Namun, seperti pelatih lain di grup ini, Queiroz juga tak mau timnya besar kepala menanggapi laga terakhir penyisihan grup. Mantan pelatih Portugal itu menilai segala sesuatunya dapat terjadi, apalagi mereka bakal menghadapi AS selaku salah satu kekuatan yang belum terkalahkan di fase grup.

“Kami memang tak memiliki masalah jelang laga (menghadapi AS). Masalah utama kami adalah menghadapi diri kami sendiri,” tutur Queiroz. “Jika kami berhasil melakukannya, saya memiliki keyakinan Iran dapat lolos ke tahap selanjutnya.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Iran vs Amerika Serikat

Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB

Live SCTV, Vidio, Moji, Nex Parabola

Link live streaming Iran vs Amerika Serikat bisa diklik di sini

Anda juga dapat mencari tahu jadwal lengkap, hasil, klasemen, dan top skor di Piala Dunia Qatar 2022 dengan melihat berikut...

3 dari 4 halaman

Siapa yang Punya Peluang Lebih Besar

Iran memang lebih baik dari segi posisi di klasemen, tapi AS belum terkalahkan dalam dua pertandingan mereka sejauh ini. Mereka bermain imbang 1-1 melawan Wales dalam pertandingan pembuka dan menahan Inggris dengan hasil imbang tanpa gol. Timothy Weah mencetak gol melawan Wales dengan penyerang Chelsea, Christian Pulisic, mengambil assist.

Sementara Iran menderita kekalahan telak 6-2 di tangan Inggris dalam pertandingan pembuka mereka, tetapi bangkit kembali dengan kemenangan mengesankan 2-0 atas Wales. Wayne Hennessey dikartu merah pada menit ke-86 dan itu membantu Iran untuk memenangkan pertandingan.Mereka mencetak dua gol di injury time, dengan Rouzbeh Cheshmi mencetak gol pada menit kedelapan dan Ramin Rezaeian menambahkan gol kedua di menit ke-11 waktu tambahan.

Perlombaan kualifikasi terbuka lebar di Grup B, dengan Inggris yang berada di posisi pertama dipisahkan hanya dengan tiga poin dari Wales yang berada di posisi terakhir.Hasil imbang lainnya akan membuat AS tersingkir dari kompetisi, tetapi Iran akan sangat senang dengan hasil itu.

Statistik Head-to-Head Iran vs AS

Kedua tim telah bertemu dua kali di semua kompetisi. Pertemuan pertama mereka terjadi di babak penyisihan grup Piala Dunia 1998, dan mereka bertemu kembali dalam pertandingan persahabatan pada 2000.

Iran mencatatkan kemenangan 2-1 dalam pertemuan mereka di Piala Dunia, sementara pertandingan persahabatan 2000 berakhir imbang 1-1. AS telah menghadapi lawan asal Asia di Piala Dunia hanya sekali sejak 1998, dengan pertandingan melawan Korea Selatan berakhir imbang 1-1 pada 2002. Sementara Iran belum pernah bertemu tim mana pun dari wilayah CONCACAF di Piala Dunia sejak 1998.

4 dari 4 halaman

Perkiran Pemain dan Rekor Pertemuan

Iran (4-4-2): H. Hosseini; Rezaeian, M. Hosseini, Pouraliganji; Mohammadi; Gholizadeh, Nourollahi, Ezatolahi, Hajsafi; Taremi, Ansarifard

Pelatih: Carlos Queiroz

Amerika Serikat (4-3-3): Turner; Dest, Zimmerman, Ream, Robinson; McKennie, Adams, Musah; Reyna, Ferreira, Pulisic

Pelatih: Gregg Berhalter

Pertemuan Iran vs AS

1998: Iran 2 – 1 AS

2000: AS 1 – 1 Iran

5 Pertandingan Terakhir Iran

25 November 2022: Wales 0 – 2 Iran

21 November 2022: Inggris 6 – 2 Iran

16 November 2022: Iran 0 – 2 Tunisia

10 November 2022: Iran 1 – 0 Nicaragua

27 September 2022: Senegal 1 – 1 Iran

5 Pertandingan Terakhir AS

26 November 2022: Inggris 0 – 0 AS

22 November 2022: AS 1 – 1 Wales

28 September 2022: Arab Saudi 0 – 0 AS

23 September 2022: Jepang 2 – 0 AS

6 Juni 2022: AS 0 – 0 Uruguay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.