Sukses

Prediksi Pemain Pembeda Piala Dunia 2022, Belanda Vs Qatar: Gakpo Sedang On Fire

Belanda akan berhadapan dengan Qatar pada laga terakhir grup A Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Belanda hanya butuh hasil imbang saat bertemu Qatar di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11/2022). Tambahan satu poin sudah cukup mengantar Tim Oranye menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Belanda memimpin grup A dengan 4 poin, disusul Ekuador yang tertinggal selisih gol. Sementara posisi ketiga ditempati Senegal dengan 3 poin dan tuan rumah Qatar tanpa poin berada di dasar klasemen. 

Setelah menang 2-0 atas Senegal di lapa perdana, Belanda sebenarnya bisa mengunci tiket 16 besar bila mampu mengalahkan Ekuador di laga kedua. Sayang, dalam laga ini gol Cody Gakpo pada menit ke-6 berhasil dibalas Enner Valencia pada menit ke-49. Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit akhir. 

Belanda membutuhkan minimal satu poin untuk mengunci tempat di babak berikutnya. Melihat perjalanan Tim Oranye pada berbagai Piala Dunia sebelumnya, misi ini bukan hal mustahil. Sejak terakhir kali keok dari Skotlandia 1978, Belanda tak pernah lagi kalah pada partai terakhir penyisihan grup. 

Meski demikian, Belanda sebaiknya tidak terlena. Sebab performa Tim Oranye sebenarnya tidak terlalu spesial di Piala Dunia 2022. Lini serang Belanda menurut catatan Analyst bahkan terbilang buruk. Meski akhirnya sukses mencetak 3 gol, Belanda baru mencatat 4 tendangan ke gawang dalam 2 laga. 

Torehan ini sangat jauh dari kebiasaan. Sebab sejak 1966, total tembakan mengarah ke gawang paling sedikit yang ditorehkan Belanda pada babak penyisihan grup Piala Dunia adalah 10 pada 1990. Artinya, lini serang Belanda benar-benar masih kesulitan menciptakan peluang sepanjang Piala Dunia 2022.   

Dua nama pun diharapkan jadi pembeda pada pertandingan melawan Qatar. Siapa saka? 

Informasi selengkapnya bisa Anda simak pada halaman selanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cody Gakpo

Sosok Gakpo jadi salah satu pemain yang tidak tergantikan di timnas Belanda sepanjang Piala Dunia 2022. Sejak laga perdana, pemain PSV Eindhoven itu selalu mendapat kepercayaan masuk starting eleven. 

Kesempatan ini tidak disia-siakannya. Gakpo sejauh ini sudah mencetak dua gol untuk Belanda.

Torehan ini sekaligus menambah kemilau Gakpo bersama Belanda. Gakpo sudah terlibat langsung dalam setidaknya satu gol dalam lima laga Tim Oranye di berbagai kompetisi (4 gol dan 1 assist). 

Di level timnas dan klub, Gakpo secara total telah terlibat dalam proses 34 gol sepanjang 24 pertandingan di seluruh kompetisi. Rinciannya adalah 16 gol dan 18 assist. Karena itu, peran Gapko melawan Qatar tentu layak dinantikan. Sebab bukan mustahil pemain 23 tahun itu akan tampil sebagai pembeda. 

3 dari 5 halaman

Boualem Khoukhi

Sementara itu, Qatar yang sudah tersingkir dari persaingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 tidak akan tinggal diam begitu saja. Sebaliknya, The Maroon bakal tampil habis-habisan melawan Belanda. Permainan terakhir melawan Belanda diharapkan mampu menjadi pelipur lara bagi para pendukungnya. 

Namun bukan perkara mudah membendung gempuran Belanda. Barisan pertahanan tuan rumah harus kokoh agar terhindar dari ketajaman barisan penyerang Tim Oranye. Seperti diketahui, timnas Qatar sejauh ini sudah kebobolan 5 gol dalam dua laga dan baru mencetak satu gol ke gawang lawan.

Sepanjang Piala Dunia belum pernah ada negara tuan yang kebobolan lebih dari lima gol di babak penyisihan. Sebelumnya pada Piala Dunia 2010, Afrika Selatan juga sempat kemasukan 5 gol.

Nah untuk urusan pertahanan nama Boualem Khoukhi bisa jadi pembeda bagi Qatar. Saat bertemu Senegal, Khoukhi tampil menawan dengan melakukan sembilan sapuan atau tujuh sapuan lebih banyak dari pemain Qatar lainnya. Data dari Opta yang dilansir dari The Analyst juga mencatat ia memiliki lebih banyak sentuhan (83) dan percobaan operan (64) daripada pemain mana pun dari rekan satu timnya.

Simak juga prediksi line up kedua negara pada halaman selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Prediksi Line Up

Belanda (3-4-1-2): Noppert; Timber, Van Dijk, Ake; Dumfries, Berghuis, F. De Jong, Blind; Gakpo; Memphis, Bergwijn

Qatar (3-5-2): Barsham; Miguel, Khoukhi, Hassan; Mohammad, Boudiaf, Madibo, Al-Haydos, Ahmed; Afif, Muntari

5 dari 5 halaman

Statistik

Head to Head: -

 

5 Pertandingan Terakhir Belanda

15/06/22 Belanda 3-2 Wales (UNL)

23/09/22 Polandia 0-2 Belanda (UNL)

26/09/22 Belanda 1-0 Belgia (UNL)

21/11/22 Senegal 0-2 Belanda (Piala Dunia)

25/11/22 Belanda 1-1 Ekuador (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Qatar

27/10/22 Qatar 1-0 Honduras (Friendly)

06/11/22 Qatar 2-1 Panama (Friendly)

10/11/22 Qatar 1-0 Albania (Friendly)

20/11/22 Qatar 0-2 Ekuador (Piala Dunia)

25/11/22 Qatar 1-3 Senegal (Piala Dunia).

 

Ikuti juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.