Sukses

Prediksi Susunan Pemain Wales vs Inggris di Grup B Piala Dunia 2022

Pertandingan terakhir penyisihan grup akan menentukan jalan bagi Inggris atau Wales melaju ke tahap selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris jelas memiliki keunggulan di segala sektor saat meladeni Wales di Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Namun, bukan berarti Wales tak punya harapan untuk memenangi laga penentuan tersebut.

Jika bicara peluang, banyak pengamat hingga pencinta sepak bola bakal menjagokan Inggris memenangi laga tersebut. Prediksi itu cukup masuk akal saat merujuk pemain kedua tim hingga rekor pertemuan mereka sebelumnya.

The Three Lions datang ke Qatar dengan pemain multi talenta, dan mayoritas berkarier di kompetisi terbaik seperti Liga Premier. Dari penjaga gawang Jordan Pickford (Everton), dua winger yang bakal ditempati Bukayo Saka (Arsenal), dan Raheem Sterling (Chelsea), hingga striker kebanggaan Harry Kane yang membela Tottenham Hostpur.

Belum lagi statistik pertemuan yang memihak Inggris, di mana skuad asuhan Gareth Southgate memiliki persentase kemenangan sebesar 66% dari 103 pertemuan di segala ajang. Sementara Wales hanya memiliki persentase sebesar 13,6%.

Akan tetapi, Southgate tak ingin keunggulan ini membuat timnya lengah menghadapi Wales nanti. Pelatih berusia 52 tahun itu khawatir sikap meremehkan Gareth Bale dan kawan-kawan bakal menjadi bumerang The Three Lions untuk lolos ke fase knock-out. “Persiapan terus kami lakukan untuk menggapai hasil maksimal,” timpalnya yang enggan membeberkan strategi yang bakal diterapkan nanti.

Southgate intinya bakal mengerahkan kemampuan terbaik timnya untuk mengamankan posisi puncak klasemen Grup B. Legenda The Three Lions itu tak ingin mengambil risiko besar karena dikhawatirkan bakal memengaruhi perjalanan timnya di Piala Dunia kali ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keuntungan Wales Menaklukkan Tetangganya

Pelatih Wales, Rob Page, membenarkan timnya masih kesulitan menaklukkan persaingan di Grup B. Pihaknya bermain imbang 1-1 kontra Amerika Serikat, namun tumbang 0-2 dari Iran di laga selanjutnya. Hasil itu membuat timnya masih terpaku di dasar klasemen dengan satu angka. Mereka tertinggal dari Inggris yang masih mantap di posisi puncak dengan empat poin, disusul Iran (3 poin) dan AS (2 poin).

Namun, Page menyadari timnya memiliki senjata yang dapat dimaksimalkan saat bentrok dengan tetangganya tersebut. Senjata itu tak lain adalah pengalaman para pemain Wales yang berkarier di Inggris.

Ya, mayoritas pemain yang dibawa Page ke Qatar adalah pemain yang merumput di sana. Sebut saja Danny Ward (Leicester), Ben Davies (Tottenham), Chris Mepham (Bournemouth), Neco Williams (Nottingham), Connor Roberts (Burnley), Harry Wilson (Fulham).

Motivasi mereka akan dipadukan dengan para pemain berpengalaman seperti Aaron Ramsey yang kini berkarier di Prancis bersama Nice. Dan, Bale yang bergabung dengan Los Angeles FC. “Kami memiliki beberapa pemain berpengalaman di skuad ini. Mereka diharapkan dapat memberikan efek besar di laga menentukan ini,” timpal Page.

Yang jelas, suksesor Ryan Giggs di kursi pelatih kepala Wales itu mengaku timnya tak menemui kendala dalam persiapan pemain. Dia menuturkan Wales siap tempur di laga nanti.

Page juga membeberkan timnya telah belajar alias melakukan evaluasi setelah menjalani dua hasil kurang mengesankan sebelumnya. “Kesempatan kami tinggal di laga ini (kontra Inggris). Walau terbilang kecil, kami akan mengupayakannya,” tutur Page.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Pemain

Wales (3-5-2): Danny Ward; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Daniel James, Neco Williams; Gareth Bale, Kieffer Moore

Pelatih: Rob Page

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice; Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Grup B

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.