Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022 Wales vs Inggris, Live di Vidio, Moji, dan Nex Parabola

Pertarungan menentukan antarnegara tetangga, Wales atau Inggris yang bakal keluar sebagai pemenang?

Liputan6.com, Jakarta Timnas Wales akan berjibaku dengan sesama wakil dari Britania Raya, Inggris, di pertandingan terakhir Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Laga itu sangat menentukan keduanya untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Inggris memang masih memimpin klasemen sementara dengan empat poin. Namun, capaian itu sejatinya belum aman bagi skuad asuhan Gareth Southgate untuk lolos ke babak 16 besar.

Prediksi itu lantaran Iran masih berpotensi mengambil tampuk pimpinan klasemen. Iran saat ini bercokol di peringkat kedua dengan tiga angka, dan mereka akan menghadapi Amerika Serikat di Al Thumama Stadium, Doha, pada waktu bersamaan.

Iran dapat mengambil posisi puncak jika dapat mengatasi AS di peringkat ketiga dengan dua poin. Itu dapat terwujud dengan catatan Inggris bermain imbang atau kalah dari Wales. Wales sendiri dapat menemani Iran apabila meraih kemenangan besar minimal empat gol. Inggris saat ini memiliki agresivitas gol (4), berbanding (-2) milik Wales.

Southgate menyadari itu situasi yang tengah dihadapi Inggris sepenuhnya. Karena itu, legenda The Three Lions tersebut tak akan mengambil risiko besar menghadapi pertandingan terakhir di penyisihan grup.

Pelatih berusia 52 tahun itu telah merencanakan strategi bagus, karena tujuan utama pihaknya adalah mengamankan kemenangan saat berjumpa tetangganya, Wales. “Ini bukan lagi percobaan, karena langkah kami masih sangat ditentukan hingga akhir (fase grup),” tegas Southgate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Wales vs Inggris

Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB

Live Vidio

Link live streaming Wales vs Inggris bisa diklik di sini

Anda juga dapat mencari tahu jadwal lengkap, hasil, klasemen, dan top skor di Piala Dunia Qatar 2022 dengan melihat berikut...

3 dari 4 halaman

Rekor Head to Head

Kedua belah pihak telah berhadapan sebanyak 103 kali, termasuk pertandingan kompetitif dan persahabatan.Wales saat ini duduk dengan 14 kemenangan, memberi mereka persentase kemenangan 13,6%. Sementara Inggris menang sebanyak 68 kali dan persentase kemenangan sebesar 66%%. Sisanya sebanyak 14 pertandingan berakhir imbang.

Ini akan menjadi kedua kalinya mereka saling berhadapan di turnamen besar – dan pertama kali mereka saling berhadapan di Piala Dunia.

Namun, satu-satunya saat mereka berkompetisi di turnamen besar melihat Wales dan Inggris bermain imbang satu sama lain di Grup B Euro 2016. The Three Lions adalah pemenang hari itu setelah gol dari Jamie Vardy dan Daniel Sturridge membuat mereka mengalahkan Gareth Bale dan kawan-kawan.

Penantian untuk menang melawan Inggris mungkin tidak selama penantian Wales untuk sampai ke Piala Dunia, namun masih lama sejak Wales dapat mengklaim hak atas tetangga dekat mereka – 34 tahun, 6 bulan dan 27 hari saat mereka kembali berlaga di Piala Dunia.

Sementara kemenangan terakhir Wales atas Three Lions terjadi di kandang setelah mereka mengalahkan Inggris di laga persahabatan pada 1989.

Penyerang Manchester United saat itu, Mark Hughes, membuat Wales meraih kemenangan tak terlupakan saat kedua tim bentrok di Arena Balap Wrexham AFC.

Fakta itu bisa menjadi lebih buruk bagi Inggris selaku tim tamu seandainya gol Ian Rush tidak dianulir pada menit ke-89 ketika Gordon Davies dinilai telah melakukan pelanggaran.

Kekalahan itu membuat surat kabar Inggris menulis "sepak bola internasional Inggris menyentuh titik terendah baru tadi malam," dan "tidak pernah terlihat lebih buruk daripada yang mereka lakukan dalam kekalahan ini".

Sementara di pihak Wales, kemenangan saat itu adalah penampilan luar biasa yang memberi mereka kepuasan besar. Sekali lagi Wales membuktikan kepada semua orang bahwa mereka adalah bangsa sepak bola yang harus dihormati.

Namun, Rob Page memahami kondisi rumit yang dihadapi timnya jelang pertemuan Inggris kali ini. Suksesor Ryan Giggs sebagai pelatih kepala Wales itu menyebut timnya masih kesulitan mengimbangi Inggris di segala lini.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Pemain dan Rekor Pertemuan

Wales (3-5-2): Danny Ward; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Daniel James, Neco Williams; Gareth Bale, Kieffer Moore

Pelatih: Rob Page

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice; Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

5 Pertemuan Terakhir

8 Oktober 2020: Inggris 3-0 Wales

16 Juni 2016: Inggris 2-1 Wales

6 September 2011: Inggris 1-0 Wales

26 Maret 2011: Wales 0-2 Inggris

3 September 2005: Wales 0-1 Inggris

5 Pertandingan Terakhir Wales

25 November 2022: Wales 0 – 2 Iran

22 November 2022: AS 1 – 1 Wales

26 September 2022: Wales 0 – 1 Polandia

23 September 2022: Belgia 2 – 1 Wales

15 Juni 2022: Belanda 3 – 2 Wales

5 Pertandingan Terakhir Inggris

26 November 2022: Inggris 0 – 0 AS

21 November 2022: Inggris 6 – 2 Iran

27 September 2022: Inggris 3 – 3 Jerman

24 September 2022: Italia 1 – 0 Inggris

15 Juni 2022: Inggris 0 – 4 Hungaria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.