Sukses

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Jepang vs Kosta Rika: Samurai Biru Buntu, Los Ticos Bayar Kekalahan

Liputan6.com, Jakarta - Kosta Rika sukses menaklukkan Jepang dalam laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali pada Minggu (27/11/2022) pukul 17.00 WIB.

Keysher Fuller menjadi bintang kemenangan timnya usai melesakkan gol semata wayang di menit ke-81. Sedangkan, pasukan Samurai Biru gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang didapat, hingga skornya nihil sampa akhir laga.

Jepang sejatinya berada di posisi yang lebih nyaman ketimbang Kosta Rika. Mereka sudah mengantongi tiga poin usai menaklukkan Jerman di laga perdana.

Sementara itu, pasukan Los Ticos sedang tertekan. Keylor Navas dan kawan-kawan baru saja dibantai tujuh gol tanpa balas oleh Spanyol dalam pertandingan Piala Dunia Qatar yang dihelat Rabu (23/11/2022) lalu.

Samurai Biru memang tampil berbeda dibanding saat berjaya atas Die Mannschaft. Jepang lebih banyak mempertahankan penguasaan bola di area lini tengah. Mereka nyaris tidak berinisiatif melakukan serangan terhadap kubu Kosta Rika di awal laga.

Kedua kesebelasan masih sama-sama ompong hingga pertandingan memasuki menit ke-18. Tak ada gol dan ancaman yang terlalu berbahaya, baik dari kubu Samurai Biru maupun Los Ticos.

Jepang mencoba menciptakan momentum untuk mencetak gol di menit ke-39. Namun, upayanya belum cukup untuk membuat Los Ticos kesulitan. Bola yang dikirim Daichi Kamada dapat diamankan dengan mudah oleh Navas.

Hingga mendekati pengujung babak pertama, kedua kesebelasan masih tidak bisa menunjukkan kualitas performa terbaiknya. Skor imbang 0–0 untuk Jepang dan Kosta Rika bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Jepang langsung melakukan perubahan selepas jeda. Striker Ayase Ueda ditarik keluar dan digantikan oleh Takuma Asano. Sementara itu di lini belakang, Hajime Moriyasu juga mengirim Hiroko Ito untuk mengambil alih posisi Yuto Nagatomo.

Samurai Biru akhirnya tampil lebih hidup. Peluang bagus didapat di menit ke-46. Hidemasa Morita melepaskan tendangan ke arah jaring Kosta Rika. Keuntungan bagi Los Ticos karena bola tersebut masih mampu diamankan oleh Navas.

Jepang terus menciptakan situasi berbhaya di area pertahanan Los Ticos. Asano kembali menebar ancaman lewat sundulannya yang mengarah ke tiang kiri. Akan tetapi, upaya tersebut masih terlalu lemah.

Samurai Biru mendapat momentum untuk melancarkan serangan pada menit ke-61. Akan tetapi, peluang ini terputus lantaran pergerakan Wataru Endo dihentikan oleh pelanggaran Celso Borges, yang berbuah kartu kuning.

Kesempatan free-kick yang didapat Jepang pun gagal dimanfaatkan dengan baik. Bola yang dikirim Yuki Soma melambung jauh meninggalkan mistar gawang.

Skenario serupa kembali terulang di menit 70. Kali ini giliran Francisco Calvo yang diganjar kartu kuning usai melanggar Asano. Samurai Biru lagi-lagi mendapat hadiah tendangan bebas, tetapi peluang ini pun belum bisa dikonversi menjadi gol.

3 dari 4 halaman

Keberuntungan Kosta Rika

Keberuntungan justru berpihak pada Kosta Rika. Usai berkali-kali digemput, La Celeste malah berhasil membangun momentum dan menjebol gawang Samurai Biru di menit 81. Berawal dari umpan Yeltsin Tejeda, bola yang dilesakkan Keysher Fuller gagal diamankan Shuichi Gonda.

Jepang mendapat kesempatan untuk mencetak angka penyeimbang di menit ke-86. Para penggawa Samurai Biru bisa saja memanfaatkan bola rebound usai terjadinya kemelut di depan gawang Kosta Rika. Namun, Navas bergerak cepat untuk mengamankan si kulit bundar

Tambahan durasi waktu enam menit tak cukup bagi Jepang untuk mengejar ketertinggalan. Skor 1–0 untuk keunggulan Kosta Rika pun tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Miki Yamane, Kou Itakura, Yuto Nagatomo, Maya Yoshida; Wataru Endo, Ritsu Doan, Hidemasa Morita, Daichi Kamada, Yuki Soma; Ayase Ueda

Kosta Rika: Keylor Navas; Oscar Duarte, Francisco Calvo, Kendall Waston; Keysher Fuller, Celso Borges, Bryan Oviedo, Joel Campbell, Gerson Torres, Yeltsin Tejeda; Anthony Contreras

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.