Sukses

Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Belanda dan Inggris Belum, Prancis Rebut Tiket Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Belanda dan Ekuador mendapat kesempatan pertama. Namun keduanya melewatkan momen. Begitu pula Inggris dan Arab Saudi.

Namun Prancis tidak mengikuti kesalahan. Les Bleus pun menjadi tim pertama yang mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022.

Sang juara bertahan memastikan tempat di fase gugur usai meraih kemenangan kedua di Grup D dengan menghajar Denmark 2-1 di Stadion 974, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB. Kylian Mbappe jadi bintang di laga ini dengan memborong dua gol kemenangan sang juara bertahan.

Sebelumnya menghancurkan Australia 4-1 pada pertandingan pertama, Les Bleus mengoleksi enam poin yang tidak mungkin dikejar para rival di Grup D.

Prancis melakukan apa yang gagal dicapai negara lain. Berdasar hasil putaran pertama Piala Dunia Qatar, sejumlah tim berkesempatan lolos dari fase grup jika kembali memetik kemenangan.

Belanda dan Ekuador masuk kategori itu di Grup A. Namun, mereka saling membatalkan pada laga di Khalifa International Stadium dengan bermain 1-1, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB.

Skor tersebut tidak bisa membantu salah satu atau kedua tim lolos ke 16 besar, tapi cukup untuk membuat tuan rumah Qatar tersingkir dari turnamen.

Selanjutnya giliran Inggris yang membuang kesempatan beberapa jam berselang. Walau tampil perkasa kala menghajar Iran 6-2 di partai pembuka Grup B, mereka melempem sehingga bermain tanpa gol kontra Amerika Serikat.

Lalu giliran Arab Saudi yang tersendat, Sabtu malam WIB. Usai membuat kejutan dengan membungkam Argentina, wakil Asia ini tersungkur di hadapan Polandia pada persaingan Grup C.

Belanda, Ekuador, Inggris, dan Arab Saudi masih punya kans merebut tiket 16 besar pada partai pamungkas grup. Namun, jika bisa memilih, tentu mereka ingin meraihnya secepat mungkin.

Peserta lain mencakup Spanyol, Jepang, Belgia, Brasil, Swiss, dan Portugal bakal mengikuti jejak Prancis jika memenangkan laga kedua dalam beberapa hari ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keberhasilan Prancis

Prancis memastikan lolos ke perdelapan final Piala Dunia 2022 setelah membekuk Denmark pada laga yang disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio serta melalui jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Les Bleus mendominasi penguasaan bola sejak awal laga. Mereka dengan sabar coba membongkar pertahanan Denmark.

Bek Raphael Varane menyundul bola yang sulit diantisipasi kiper Kasper Schmeichel. Beruntung bagi Denmark, masih ada Joachim Maehle yang dengan sigap membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Selanjutnya giliran Rabiot yang beraksi. Dia menanduk umpan silang Ousmane Dembele untuk menguji refleks Schmeichel.

Prancis terus menekan. Selanjutnya giliran Antoine Griezmann yang memaksa Schmeichel bekerja. Sementara tendangan Dembele dan Aurelien Tchouameni diblok bek Denmark.

Denmark tidak tinggal diam. Melalui serangan balik cepat, Andreas Cornelius belum tepat sasaran.

Masih ada peluang bagi Prancis di sisa waktu babak pertama. Namun eksekusi Giroud melambung. Kedua tim masih sama kuat pada jeda.

3 dari 5 halaman

Faktor Mbappe

Prancis dan Denmark melanjutkan duel sengit di babak kedua. Denmark tampil lebih berani dan coba mengejutkan Prancis. Tapi, pendekatan tersebut membuka ruang di pertahanan mereka.

Mbappe menggunakan kecepatan untuk memaksimalkan situasi itu. Namun, tendangannya tepat ke arah Schmeichel.

Tidak lama berselang, giliran Griezmann yang mendapat peluang. Sayang usahanya jauh melambung.

Tekanan Prancis akhirnya berbuah gol. Mbappe berkolaborasi dengan Theo Hernandez untuk menaklukkan Schmeichel pada menit ke-61.

Dalam keadaan tertinggal, Denmark terpaksa bermain lebih ke depan. Kondisi demikian membuat mereka dilema, mengingat Prancis memiliki Mbappe, Dembele, dan pemain pengganti Marcus Thuram.

Toh Denmark mampu menyamakan kedudukan. Andreas Christensen memaksimalkan sepak pojok yang gagal diantisipasi pertahanan Prancis di menit ke-68.

Gol ini menambah kepercayaan diri Denmark. Mikkel Damsgaard memaksa penjaga gawang Prancis Hugo Lloris melakukan penyelamatan. Denmark bahkan menurunkan striker kedua yakni Kasper Dolberg.

Meski begitu, justru Prancis yang kembali memimpin. Mbappe mencetak gol keduanya di menit ke-86 setelah menerima bola dari Griezmann.

Mbappe masih memiliki kans untuk menggenapi hattrick. Tapi tendangannya diantisipasi Schmeichel. Prancis akhirnya mengamankan kemenangan pada laga ini.

4 dari 5 halaman

Persaingan ke 16 Besar

Grup A

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Belanda, Senegal, Ekuador

Tersingkir: Qatar

 

Grup B

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Inggris, Amerika Serikat, Iran, Wales

Tersingkir: -

 

Grup C

Pasti Lolos: Prancis

Peluang Lolos: Australia, Denmark, Tunisia

Tersingkir: -

 

Grup D

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Polandia, Arab Saudi, Meksiko, Argentina

Tersingkir: -

5 dari 5 halaman

Grup E-H

Grup E

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Spanyol, Jepang, Jerman, Kosta Rika

Tersingkir: -

 

Grup F

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Belgia, Kroasia, Maroko, Kanada 

Tersingkir: -

 

Grup G

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Brasil, Swiss, Serbia, Kamerun

Tersingkir: -

 

Grup H

Pasti Lolos: -

Peluang Lolos: Portugal, Uruguay, Korea Selatan, Ghana

Tersingkir: -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.