Sukses

Piala Dunia 2022: Wasit Debutan Asal Venezuela Pimpin Laga Inggris vs Amerika Serikat

Wasit asal Venezuela akan memimpin pertandingan Piala Dunia pertama kali.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris akan melawan Amerika Serikat dalam lanjutan Grup B Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 68.895 penonton. Pertadingan ini menjadi penentuan bagi Inggris untuk lolos ke babak 16 besar.

Inggris pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022 berhasil menumbangkan wakil Asia, Iran dengan skor meyakinkan 6-2. Dengan kemenangan atas Amerika Serikat, Inggris bakal lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Amerika Serikat pada laga perdana Piala Dunia 2022 di Qatar harus puas dengan satu poin. Negeri Paman Sam ini ditahan imbang 1-1 oleh Wales. Hasil melawan Inggris nanti akan menentukan langkah Amerika ke depannya.

Saat melawan Iran, laga Inggris dipimpin oleh wasit Piala Dunia asal Brasil, Raphael Claus yang terkenal rajin memberikan kartu kuning. Beruntung The Three Lions pada saat melawan Iran bisa menjaga bersih pemainnya dari peringatan.

Sementara Amerika Serikat pada saat melawan Wales dipimpin oleh wasit asal Qatar, Abdulrahman Al-Jassim. Pada saat itu Amerika mendapatkan empat kartu kuning, masing-masing untuk Sergino Dest, Weston McKennnie, Tim Ream dan Kellyn Acosta.

Sementara duel Inggris melawan Amerika Serikat akan dipimpin oleh wasit asal Venezuela, Jesus Valenzuela. Dia adalah satu-satunya wasit pertandingan dari Venezuela di Piala Dunia 2022 dan akan memimpin pertandingan Piala Dunia pertamanya.

Laga Inggris vs Amerika Serikat akan disiarkan langsung pada Sabtu (26/11) dini hari, pukul 02.00 WIB di SCTV, Vidio, Moji TV dan Nex Parabola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cukup Berpengalaman

Walaupun baru akan debut memimpin laga Piala Dunia perdana, Jesus Valenzuela memang memiliki pengalaman di turnamen besar sebelumnya. Dia telah memimpin pertandingan dalam dua edisi terakhir Copa America.

Wasit berusia 38 tahun ini memimpin pertandingan semi final Copa America 2021 saat berakhir dengan adu penalti Argentina atas Kolombia yang dimenangkan oleh Argentina. Selain itu, Valenzuela juga pernah menjadi wasit selama Olimpiade 2020 di Tokyo.

Menurut Transfermarkt, dia telah memimpin 222 pertandingan selama karirnya, memberikan 1087 kartu kuning. Rata-rata Valenzuela hampir memberikan 4,9 kartu per pertandingan.

Lima wasit yang mendampingi Valenzuela:

Asisten Wasit: Jorge Urrego (Venezuela), Tulio Moreno (Venezuela)Ofisial Keempat: Yoshimi Yamashita (Jepang)Wasit VAR Resmi: Juan Soto (Venezuela)Asisten Wasit VAR: Nicolas Gallo (Kolombia), Diego Bonfa (Argentina), Julio Bascunan (Chili), Ezequiel Braislovsky (Argentina)..

 

3 dari 5 halaman

Inggris Diunggulkan

Berbekal kemenangan telak 6-2 atas Iran, Inggris jelas lebih diunggulkan pada laga nanti. Dengan tambahan tiga poin, The Three Lions bisa pastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia.

Kubu Inggris bisa lebih tenang karena kapten sekaligus ujung tombak mereka, Harry Kane, dipastikan fit untuk bermain di laga melawan AS besok. Sebelumnya, Kane sempat diragukan untuk melanjutkan aksi di Piala Dunia Qatar akibat cedera engkel yang didapatnya saat bertanding melawan Iran.

"Harry baik-baik saja. Dia berlatih terpisah dari tim tapi siap bertanding pada hari Jumat," ujar pelatih Inggris, Garreth Southgate.

Sementara itu, bek Manchester United, Harry Maguire, juga dinyatakan bisa bermain setelah sebelumnya sempat dikhawatirkan mengalami gegar otak akibat benturan dengan lawan.

"Dia sempat sakit yang berdampak pada penglihatannya. Kami langsung khawatir gegar otak, tapi setelah pemeriksaan keseluruhan tak ada apa-apa, jadi dia baik-baik saja," tambah sang pelatih.

Kyle Walker juga sudah kembali berlatih dan dinyatakan siap mengisi lini belakang saat hadapi AS. Pemain yang masih diragukan kondisinya adalah penyerang Callum Wilson dan gelandang, James Maddison.

 

4 dari 5 halaman

Upaya Amerika

Dari kubu Amerika Serikat, pelatih Gregg Berhalter diprediksi tidak akan melakukan taktik "parkir bus" karena membutuhkan tiga poin, setelah hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Wales di laga pertama Grup B awal pekan kemarin.

Dua nama yang diprediksi masuk tim inti adalah Brenden Aaronson dan Gio Reyna. Keduanya dinilai bisa menambah keseimbangan tim saat menyerang.

Apalagi performa Yunus Musah dan Weston McKennie masih belum maksimal. Kemungkinan salah satu pemain ini akan dicadangkan, dan Reyna akan dicoba sejak awal.

Reyna sendiri adalah pemain Borussia Dortmund yang berteman dekat dengan gelandang muda Inggris, Jude Bellingham. Keduanya bisa saling bentrok di laga nanti.

Sorotan utama adalah lini belakang AS yang membuat kesalahan fatal pada pertandingan lawan Wales kemarin. Walker Zimmermman yang membuat pelanggaran krusial pada Gareth Bale bisa saja digantikan oleh Cameron Carter-Vickers.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford, Kierran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Jude Bellingham, Mason Mount, Declan Rice, Bukayo Saka, Harry Kane, Raheem Sterling

Amerika Serikat: Matt Turner, Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson, Tyler Adams, Weston McKennie, Giovanni Reyna, Timothy Weah, Haji Wright, Christian Pulisic

 

Rekor Pertemuan di Piala Dunia:

29 Juni 1950: Amerika Serikat 1-0 Inggris

12 Juni 2010: Inggris 1-1 Amerika Serikat

5 Pertemuan Terakhir:

7 September 1994: Inggris 2-0 Amerika Serikat (persahabatan)

28 Mei 2005: Amerika Serikat 1-2 Inggris (Persahabatan)

28 Mei 2008: Inggris 2-0 Amerika Serikat (Persahabatan)

12 Juni 2010: Inggris 1-1 Amerika Serikat (Piala Dunia)

15 November 2018: Inggris 3-0 Amerika Serikat (Persahabatan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini