Sukses

Di Piala Dunia 2022, Pemain Barcelona Pecahkan Rekor yang Bertahan Sejak 1966

Pemain Barcelona memecahkan rekor abadi Piala Dunia yang bertahan dari tahun 1966 saat mengalahkan Kosta Rika semalam.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol tampil perkasa pada laga perdananya di Piala Dunia 2022. La Furia Roja meraih kemenangan besar 7-0 kala bertemu Kosta Rika pada Rabu (23/11/2022) malam WIB di Stadion Al Thumama, Qatar.

Kemenangan atas Kosta Rika menjadi skor terbesar yang tercipta di Piala Dunia 2022. Mengalahkan kemenangan 6-2 Inggris saat berhadapan dengan wakil Asia, Iran.

Ketujuh gol Spanyol dibuat oleh Dani Olmo, Marcos Asensio, Ferran Torres (dua gol), Gavi, Alvaro Morata dan Carlos Soler.

Keberhasilan Gavi membuat gol ke gawang Kosta Rika membuat wonderkid Barcelona itu memecahkan rekor Piala Dunia yang sudah bertahan lama sejak 1966. Gavi menjadi pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol yang berhasil membuat gol di putaran final Piala Dunia.

Gavi menjebol gawang Kosta Rika pada usia 18 tahun dan 110 hari. Rekor pencetak gol termuda Spanyol sebelumnya dipegang pemain Real Madrid Pirri pada Piala Dunia 1966. Pirri kala itu berumur 21 tahun 124 hari.

Rekor lain Gavi di laga kontra Kosta Rika adalah pemain termuda yang membela Spanyol di turnamen besar seperti Piala Dunia atau Piala Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelumnya

Gavi juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda di Piala Dunia selama 64 tahun sejak legenda Brasil Pele melakukannya pada usia 17 tahun dan 249 hari di final Piala Dunia 1958 melawan Swedia.

Deretan rekor ini menambah panjang tinta emas Gavi. Sebelumnya dia sudah menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol setelah menjebol gawang Republik Ceko di UEFA Nations League Juni lalu. Saat itu Gavi berumur 17 tahun dan 304 hari.

3 dari 3 halaman

Tahun Keemasan

Tahun 2022 menjadi tahun keemasan Gavi. Selain sejumlah rekor, Gavi juga merebut dua penghargaan bergengsi untuk pemain muda yakni Golden Boy dan Kopa Trophy.

Kini Gavi dan Spanyol memiliki tugas berat di laga kedua Piala Dunia 2022. Pasukan Luis Enrique akan menghadapi Jerman. Der Panzer sedang lapar kemenangan usai secara mengejutkan dikalahkan Jepang 2-1 semalam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.