Sukses

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana

Laga perdana antara kedua tim ini akan menjadi pembuktian siapa yang paling lemah di Grup H karena Uruguay dan Korea Selatan menjadi tim yang diunggulkan untuk lolos dari fase grup.

Liputan6.com, Jakarta Portugal akan membuka perjalanan mereka melawan Ghana pada matchday pertama Grup H Piala Dunia di Stadion 975, Doha, pada Kamis 24 November 2022 pukul 23.00 WIB. Pasukan Fernando Santos pergi ke turnamen dengan optimistis setelah mengalahkan Nigeria 4-0 dalam pertandingan pemanasan terakhir sebelum terbang ke Qatar.

Kendati demikian, sebagai salah satu negara sepakbola paling ikonik dengan semua pesona dan bakat mereka, Selecao tetap menjadi underdog abadi di turnamen besar ini. Terlebih, Cristiano Ronaldo dkk tersingkir dari babak 16 besar Euro 2020 baru-baru ini.

Berita utama saat ini justru didominasi oleh Ronaldo setelah karirnya di Manchester United berakhir. Klub merilis pernyataan yang mengkonfirmasi kepergian penyerang tersebut. Dan Ronaldo tidak akan terlalu peduli dengan berita utama itu, karena fokusnya tetap pada tugas bersama Portugal di Qatar.

Santos akan bersemangat untuk memulai turnamen dengan baik dan mendapatkan tiga poin. Portugal akan bertujuan untuk menyelesaikan lebih baik daripada yang mereka lakukan di Rusia dan bertujuan untuk setidaknya mencapai semi-final di turnamen ini, dimana terakhir sampai di sana pada 2006.

Sementara bagi Ghana ini akan menjadi awal yang paling menentukan dimana mereka memulai kampanye Piala Dunia melawan tim yang tidak lebih diunggulkan dari Uruguay dan Korea Selatan. Pertandingan ini akan membuktikan siapa yang menjadi tim terlemah di Grup H.

Setelah keluar dari kampanye AFCON yang mengerikan, Ghana menunjuk Otto Addo sebagai pemimpin. Manajer baru sejak itu membimbing Black Stars meraih tujuh kemenangan dalam delapan pertandingan di semua kompetisi dan bahkan mengalahkan Swiss dalam pertandingan persahabatan pekan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Strategi dan Taktik Portugal

Pelatih Santos telah membawa pasukan Portugal yang solid ke Qatar. Di atas kertas, Selecao jauh lebih kuat di setiap posisi. Tidak ada cedera dalam persiapan untuk pertandingan ini, karena tim lolos tanpa cedera dalam kemenangan persahabatan mereka atas Nigeria.

Ronaldo tidak memainkan bagian dalam pertandingan tersebut tetapi pasti untuk memulai melawan Ghana. Bintang Porto, Diogo Costa adalah pilihan yang lebih disukai antara tongkat dan empat bek di depannya sebagai pendukung. Pemain veteran, Pepe akan melanjutkan di samping dan mitra Ruben Dias di pertahanan tengah.

Joao Cancelo adalah pilihan yang jelas di bek kanan, sementara bintang PSG Nuno Mendes akan mengambil sisi sebaliknya. Bruno Fernandes, de-facto pemimpin lini tengah Portugal, akan memiliki William Carvalho dalam peran menahan. Ruben Neves juga akan mulai sebagai peran sentral.

Tiga pilihan depan terlihat langsung bagi Santos, dengan Ronaldo memimpin lini depan, Bernardo Silva akan menjadi starter di sisi kanan, sementara penyerang Milan Rafael Leao akan berada di sisi kiri.

 

3 dari 5 halaman

Mengintip Kekuatan Ghana

Pelatih Addo tidak memiliki masalah cedera baru dalam skuad 26 pemain setelah pertandingan persahabatan 2-0 mereka atas Swiss. Thomas Partey absen dalam pertandingan itu dan akan masuk ke starting lineup melawan Portugal. Dia adalah salah satu pemain terbaik mereka di lapangan dan kunci peluang mereka di Piala Dunia ini.

Ghana terlihat kuat di atas kertas, meski ada beberapa celah di tim mereka yang bisa dimanfaatkan lawan. Orang-orang seperti Kamaldeen Sulemana juga diharapkan untuk tampil di lineup.

Lawrence Ati-Zigi akan menjaga gawang untuk Ghana dengan empat bek yang bermain Liga Premier. Pemain Brighton Tariq Lamptey akan bermain sebagai bek kanan, didukung oleh Daniel Amartey dan Mohammed Salisu di bek tengah. Gideon Mensah akan melengkapi lini belakang.

Partey akan menahan lini tengah untuk Ghana dan akan memiliki Salis Abdul Samed sebagai mitra. Sulemana akan mengambil sayap kanan sementara kapten Andre Ayew bermain di sayap yang berlawanan. Inaki Williams akan mendukung Jordan Ayew di lini depan, dengan mantan pemainnya bermain di posisi gelandang serang.

 

4 dari 5 halaman

Statistik Kunci

- Portugal telah gagal memenangkan tiga pertandingan pembukaan terakhir mereka di turnamen internasional besar.

- Portugal telah gagal melampaui babak 16 besar dalam 3 dari 4 penampilan Piala Dunia mereka sebelumnya.

- Ghana telah gagal memenangkan 7 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia FIFA.

- Ghana telah kebobolan setidaknya 2 gol dalam 3 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia FIFA.

- Ghana telah memenangkan 7 dari 8 pertandingan terakhir di semua kompetisi, menjaga 7 clean sheet.

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves, William Carvalho, Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao

 

Pelatih: Fernando Santos 

 

Ghana (4-2-3-1): Lawrence Ati Zigi; Tariq Lamptey, Daniel Amartey, Alexander Djiku, Abdul Rahman Baba; Thomas Partey, Salis Abdul Samed; Kamaldeen Sulemana, Mohammed Kudus, Jordan Ayew; Inaki Williams

 

Pelatih: Otto Addo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.