Sukses

Borussia Dortmund Serahkan Donasi untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Borussia Dortmund menyumbangkan kostum nomor 19 milik bintang mereka, Julian Brandt, untuk keluarga korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Kostum yang dilelang dibeli pengusaha asal Vietnam sebesar 1.500 dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Borussia Dortmund melakukan tur ke Asia Tenggara menyusul jeda kompetisi karena Piala Dunia 2022 Qatar. Juara Bundesliga Jerman delapan kali itu dijadwalkan menghadapi juara Liga Singapura Lion City Sailor pada laga persahabatan di Stadion Jalan Besar, Kamis (24/11).

Sebelum laga tersebut, Managing Director Dortmund Carsten Cramer menyerahkan hasil lelang kostum nomor 19 milik bintang mereka Julian Brandt sebesar 1.500 dolar AS untuk keluarga korban Tragedi Kanjuruhan. Penyerahan dilakukan kepada Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo di One Fullerton Hotel, Rabu (23/11).

"Ini merupakan bagian rasa simpati kami kepada keluarga korban tragedi di Stadion Kanjuruhan,” kata Cramer.

Sekadar mengingatkan, Tragedi Kanjuruhan terjadi setelah pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober lalu. Tragedi itu menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dan lainnya luka-luka.

Dalam kesempatan ini, Cramer menyampaikan permohonan maaf kepada para pecinta Dortmund di Indonesia atas batalnya kunjungan ke Surabaya. “Kami sebenarnya sudah menjadwalkan untuk singgah ke Indonesia selain Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Lain kali kami pasti akan singgah dan bermain di Indonesia,” kata Direktur Pelaksana Dortmund itu.

Insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan menjadi alasan pembatalan Dortmund berkunjung ke Surabaya. Tidak tuntasnya penanganan tragedi di Stadion Kanjuruhan membuat pertandingan sepak bola dihentikan di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawa semua pemain

Borussia Dortmund membawa semua pemain yang tidak terpanggil ke tim nasional untuk ikut tur ke Asia Tenggara. Kapten kesebelasan Marco Reus, center-back Mats Hummels, Emre Can dibawa pelatih Edin Terzic dalam lawatan kali ini.

Reus dicoret Pelatih Jerman Hans-Dietter Flick karena cedera ligamen pergelangan kaki saat tampil melawan Schalke di Bundeliga Jerman, September lalu. “Sayang saya tidak bisa membela tim nasional. Tetapi saya bersyukur cederanya semakin membaik sekarang ini,” kata Reus yang selalu gagal membela Die Mannschaft di Piala Dunia karena cedera.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal pertandingan Borussia Dortmund

Kamis, 24 November 2022

19:30 WIB, Lion City Sailors vs Borussia Dortmund

Senin, 28 November 2022

18:00 WIB, Johor Darul Ta'zim vs Borussia Dortmund

Rabu, 30 November 2022

19:00 WIB, Vietnam vs Borussia Dortmund

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.