Sukses

Arab Saudi Gasak Argentina di Piala Dunia 2022, Raja Salman Umumkan Libur Nasional

Masyarakat Arab Saudi mendapat hadiah libur nasional pada Rabu, 23 November 2022, menyusul keberhasilan The Green Falcons menaklukkan Argentina di laga perdana grup C Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta Arab Saudi tengah diliputi kegembiraan besar. Timnasnya baru saja meraih kemenangan epik atas Argentina dalam laga perdananya di Grup C Piala Dunia Qatar 2022 pada Selasa (22/11/2022) sore WIB.

The Green Falcons sejatinya tertinggal lebih dulu oleh La Albiceleste. Pasukan Argentina unggul cepat dengan 1–0 berkat penalti Lionel Messi pada menit ke-10. Malang, Tim Tango langsung buntu setelahnya. Mereka tak bisa menggandakan keunggulan hingga turun minum.

Justru Arab Saudi yang membuat comeback mengesankan di paruh kedua. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih lima menit, The Green Falcons sudah mampu melesakkan dua gol ke gawang Emiliano Martinez, yang membuat timnya berbalik memimpin 2–1.

Adapun gol pertama Timnas Arab Saudi bersumber dari aksi Saleh Alshehri di menit ke-48 usai memanfaatkan umpan Feras Albrikan. Sementara itu, angka kedua The Green Falcons dicatatkan oleh Salem Aldawsari pada menit ke-53.

Catatan lengkap mengenai hasil pertandingan Argentina melawan Arab Saudi di pertandingan grup C Piala Dunia 2022 pada Selasa (22/11/2022) dapat dibaca melalui tautan berikut ini.

Masyarakat Arab Saudi tak bisa menyembunyikan kegembiraannya pasca meraih kejayaan atas Argentina. Kemenangan menjadi kian istimewa mengingat La Albiceleste dikenal sebagai salah satu tim digdaya yang difavoritkan meraih trofi FIFA World Cup 2022.

Menyusul capaian fantastis itu, Raja Salman memberi hadiah libur nasional pada Rabu, 23 November waktu setempat. Saudi Gazette mengeklaim hari bebas ini dapat dinikmati oleh seluruh karyawan swasta dan pemerintah, serta semua siswa di berbagai jenjang pendidikan.

Keputusan tersebut juga sejalan dengan rekomendasi Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman yang ingin masyarakat merayakan momen kegembiraan Timnas Arab Saudi dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Pelatih

Pelatih Arab Saudi Herve Renard sebelumnya telah melontarkan pujian untuk anak-anak asuhnya. Ia mengaku senang atas permainan yang ditampilkan pasukan The Green Falcons, meski mereka dianggap belum maksimal di babak pertama.

Lebih lanjut, kemenangan atas Timnas Argentina juga tak lepas dari kemampuan Renard membaca psikologis pemain La Albiceleste. Lionel Messi dan kawan-kawan dinilai tak berada dalam motivasi terbaiknya saat menghadapi Arab Saudi.

“Hari ini, semua bintang di langit berjajar untuk kami. Segala hal bisa terjadi dalam sepak bola. Terkadang musuh Anda tidak bermain dengan motivasi terbaiknya. Itu juga kadang terjadi pada kami,” ujar sang pelatih pasca kemenangan skuadnya atas Tim Tango.

“Bayangkan saja Lionel Messi melawan Arab Saudi. Tentu saja dia mengatakan ingin bermain dengan baik, tetapi Anda tahu motivasinya tidak akan sama seperti saat mereka melawan Brasil. Hal ini normal, ini bagian dari sepak bola,” sambung Renard.

3 dari 4 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Terlepas dari pencapaian itu, Renard tak mau terlalu jemawa. Ia sadar Arab Saudi masih harus melakoni dua pertandingan berat kontra Polandia dan Meksiko di fase grup.

Renard juga menekankan bahwa kemenangan di laga perdana belum menjamin The Green Falcons bisa melaju ke babak selanjutnya. Demikian pula bagi Argentina, kekalahan atas Arab Saudi tak langsung mematikan peluang mereka untuk menjadi juara Piala Dunia 2022.

“Kami membuat sejarah yang akan bertahan di kancah sepak bola Saudi selamanya. Akan tetapi, kami masih harus menatap ke depan. Kami masih memiliki dua pertandingan yang sangat sulit,” tutur Renard, dilansir dari Saudi Gazette.

“Dengan tiga laga, Anda bisa memenangkan pertandingan pertama tetapi tidak lolos. Anda juga bisa kalah di pertandingan pertama dan menjadi juara dunia, layaknya Argentina. Itu mungkin terjadi,” sambung dia.

4 dari 4 halaman

Klasemen

Kemenangan atas Argentina mengantar Timnas Arab Saudi berkuasa di puncak klasemen sementara grup C Piala Dunia 2022. Sementara itu, La Albiceleste yang tadinya difavoritkan harus tersungkur sebagai juru kunci.

Adapun Meksiko dan Polandia kompak meraih satu angka usai keduanya bermain imbang 0–0. Mereka kini menempati peringkat dua dan tiga, terpaut dua poin dari skuad asuhan Herve Renard yang nyaman di posisi teratas.

Peta persaingan lengkap grup C Piala Dunia Qatar 2022 selanjutnya dapat disimak melalui tabel klasemen di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.