Sukses

Belgia Tanpa Romelu Lukaku dalam 2 Laga Awal Piala Dunia 2022

Belgia dipastikan bakal bermain tanpa penyerang andalannya Romelu Lukaku saat hadapi Kanada dan Maroko di babak grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Tim Nasional (Timnas) Belgia dipastikan kehilangan striker andalannya, Romelu Lukaku dalam dua pertandingan di babak grup Piala Dunia 2022.

Seperti dinukil dari Sky Sports Italia, Minggu 20 November 2022, penyerang Inter Milan itu, akan melewatkan pertandingan Belgia melawan Kanada pada Kamis (24/11/2022) dini hari waktu Indonesia dan Maroko, Minggu (27/11/2022).

"Romelu Lukaku terpaksa melewatkan dua pertandingan pertama Belgia di Piala Dunia di Qatar melawan Kanada dan Maroko. Striker Inter terus berlatih terpisah karena masalah hamstring di paha kirinya dan akan mencoba pulih untuk pertandingan terakhir di Grup F, yang dijadwalkan melawan Kroasia pada 1 Desember," tulis Sky Sports Italia.

Namun sumber di Timnas Belgia, tulis Sky Sports, tidak menyebutkan secara tegas soal peluang Lukaku comeback saat melawan Kroasia dan hanya menyatakan, sang bomber akan berusaha pulih untuk pertandingan terakhir di babak grup.

Pada hari Sabtu Lukaku berlatih secara terpisah, dan dalam beberapa hari ke depan ia akan melanjutkan program pemulihan yang diharapkan bisa membuatnya segera kembali dalam kelompok besar pemain yang dilatih Roberto Martinez.

Musim ini, Lukaku diganggu cedera. Pertama dialaminya pada Agustus lalu dalam pertandingan tandang Inter melawan Lazio yang berujung kekalahan.

Lukaku terpaksa menepi karena masalah di paha kirinya setelah mengalami gangguan pada fleksor. Setelah pulih, dia kembali ke lapangan dan mencetak gol pada bulan Oktober ke gawang Viktoria Plzen di Liga Champions serta Sampdoria di kompetisi Serie A.

Tetapi cederanya kambuh setelah merasakan sakit pada bekas luka hamstring di paha kirinya. Dia akhirnya tetap dimasukkan dalam daftar pemain Belgia di Piala Dunia 2022 oleh Roberto Martinez meski kenyataannya pelatih Inter, Simone Inzaghi, tidak senang karena bisa memperburuk cedera eks pemain Chelsea dan Manchester United itu.

Sepanjang kompetisi musim ini, Lukaku hanya memiliki beberapa menit bermain, dengan total 256 menit bermain di kompetisi Serie A dan Liga Champions serta mengemas 2 gol dan 1 assist.

Lukaku merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Belhia dengan 68 gol. Dia kembali ke Inter dengan status pinjaman dari Chelsea musim ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hazard Favoritkan Brasil

Sementara bintang Timnas Belgia Eden Hazard mengungkap tiga jagoannya di Piala Dunia 2022. Menurut dia, Brasil, Argentina, dan Prancis merupakan deretan tim yang berpotensi merebut trofi juara FIFA World Cup edisi ini.

Sekadar informasi, Hazard bersama negaranya bakal melakoni laga perdana kontra Kanada pada Kamis (24/11/2022) pukul 02.00 WIB. Ia memuji kualitas Timnas Belgia jelang pertandingan tersebut. Akan tetapi, ia mengaku tak yakin skuad asuhan Roberto Martinez bisa melangkah jauh di Piala Dunia.

"(Belgia) adalah tim yang bagus dengan pemain apik. Kami sudah punya lebih banyak pengalaman dibanding (saat berlaga) di Piala Dunia Rusia," ujarnya kepada Marca, seperti dilansir dari Metro.

"(Akan tetapi) kami memiliki keraguan, meski tidak tidak berasal dari dalam. Saya pikir ada tim yang lebih baik dari kami," sambung pesepak bola berusia 31 tahun tersebut.

Hazard pun meyakini Timnas Brasil, Prancis, dan Argentina bisa tampil lebih baik dibanding negaranya di Piala Dunia Qatar. Apalagi tim-tim yang dimaksud juga dilengkapi dengan sejumlah pemain papan atas.

"Brasil, tentu saja (lebih baik dari Belgia). Prancis, Argentina (juga demikian). (Kualitas) mereka bagus," katanya.

"Ada banyak penggawa yang paham cara bermain sepak bola (di tim tersebut). Negara-negara ini adalah negara, yang kita tahu, selalu memiliki kualitas dan pelatih apik."

"Saya juga punya teman di tim itu (di Timnas Brasil, Prancis, Argentina), jadi saya harus mengatakan ini. Mereka bagus, tentu saja," tambah Hazard sembari bergurau.

 

3 dari 5 halaman

Kiprah Hazard di Real Madrid

Sekadar informasi, penampilan Hazard di Real Madrid sebenarnya cukup mengkhawatirkan. Metro mencatat pemain berusia 31 tahun baru dua kali diturunkan sebagai starter bersama Los Blancos sejak awal musim.

Kendati demikian, fakta itu nampaknya tidak terlalu dihiraukan oleh Martinez. Pelatih Timnas Belgia tetap meyakini Hazard bakal menjadi kunci dalam permainan De Rode Duivels di perhelatan Piala Dunia Qatar 2022.

Martinez memang menaruh kepercayaan besar pada Hazard. Salah satu alasannya ialah karena eks bintang Chelsea sudah berhasil pulih dari cedera.

"Itu (kesembuhan dari cedera) yang membuat saya sangat percaya padanya. Dua tahun terakhir sangat menantang bagi Eden," ungkap eks juru taktik Everton.

"Di Piala Eropa, dia tidak sepenuhnya bebas dari rasa sakit, tetapi dia terkadang membantu tim. Kami tidak boleh meremehkan dampak yang bisa dibawa Hazard ketika dia bugar dan sehat," tegas Martinez.

 

4 dari 5 halaman

Korbankan Trossard Demi Hazard

Kepercayaan Martinez pada Hazard membuat Leandro Trossard menjadi tumbal. Pemain Brighton & Hove Albion tidak dipanggil ke Timnas Belgia untuk Piala Dunia, meski dirinya tampil gemilang di level klub.

Seperti diketahui, Trossard sejauh ini berperan sebagai motor permainan The Seagulls. Dia sanggup membantu klubnya tampil kompetitif hingga menjadi kuda hitam di Liga Inggris.

Sayangnya, hal itu belum cukup untuk mencuri hati Martinez. Sang pelatih lebih ingin mempercayai Hazard lantaran dianggap sarat pengalaman.

"Leandro Trossard banyak dibicarakan dan itu wajar, tetap tidak ada diskusi tentang pentingnya Eden untuk tim nasional, dengan karier dan pengalamannya. Dia adalah salah satu pemain kunci pada 2018, itu juga merupakan pengalaman penting," ungkap Martinez.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Belgia

Berikut adalah daftar lengkap nama-nama pemain Timnas Belgia yang akan berlaga Piala Dunia 2022 Qatar.

Kiper: Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Koen Casteels

Bek: Toby Alderweireld, Arthur Theate, Zeno Debast, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Wout Faes, Thomas Meunier

Gelandang: Yannick Carrasco, Thorgan Hazard, Kevin De Bruyne, Leander Dendoncker, Amadou Onana, Youri Tielemans, Timothy Castagne, Hans Vanaken, Axel Witsel, Charles De Ketelaere, Eden Hazard, Jeremy Doku

Penyerang: Dries Mertens, Leandro Trossard, Michy Batshuayi, Lois Openda, Romelu Lukaku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.