Sukses

Daftar Skuad Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022: Bintang Barcelona Akhirnya Terpilih

Kolaborasi veteran dan talenta muda yang membuat Spanyol layak diperhitungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Perombakan skuad Spanyol asuhan Luis Enrique hampir selesai. La Furia Roja mengincar trofi Piala Dunia 2022 dengan skuad luar biasa yang dipenuhi talenta hebat dan pengalaman di panggung besar.

Spanyol tampil positif di Euro 2020, di mana mereka mencapai semifinal dengan pemain seperti Pedri dan Ferran Torres. Dua pemuda itu menyuntikkan nyawa ke dalam Tim Matador. Mereka juga melaju ke final UEFA Nations League 2021, meski kalah dari Prancis dengan 10 menit tersisa.

Ini adalah tanda-tanda positif sebagai transisi Spanyol dari generasi emas mereka yang membantu Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010. Itu diikuti oleh tersingkirnya penyisihan grup secara mengejutkan di edisi 2014 dan tereliminasi di babak 16 besar saat tampil Rusia empat tahun kemudian.

Tapi, sekarang dengan kumpulan talenta yang lebih muda, bahkan lebih kuat untuk dipilih tampil di Qatar, Spanyol harus dipertimbangkan di antara kandidat utama untuk memperebutkan mahkota tahun ini.

Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022

Enrique melanjutkan kebijakannya tentang pengumuman timnas Spanyol yang tidak ortodoks dengan pembacaan langsung yang dramatis dari 26 pemain terakhirnya jelang tampil di Qatar.

Barcelona sangat terwakili dalam skuad, dengan veteran Sergio Busquets dan Jordi Alba bergabung dengan Pedri, Gavi, dan Ansu Fati, meskipun yang terakhir berjuang untuk kebugaran.

Posisi Pemain Klub Usia Caps

GK David Raya Brentford 27 2

GK Robert Sanchez Brighton 24 2

GK Unai Simon Bilbao 25 27

DEF Jordi Alba Barcelona 33 87

DEF Hugo Guillamon Valencia 22 3

DEF Cesar Azpilicueta Chelsea 33 42

DEF Dani Carvajal Madrid 30 31

DEF Eric Garcia Barcelona 21 19

DEF Jose Gaya Valencia 27 18

DEF Aymeric Laporte Man City 28 16

DEF Pau Torres Villareal 25 22

MID Sergio Busquets Barcelona 36 146

MID Gavi Barcelona 18 13

MID Koke Atletico 30 68

MID Marcos Llorente Atletico 27 17

MID Pedri Barcelona 19 14

MID Rodri Man City 26 35

MID Carlos Soler PSG 25 12

FWD Dani Olmo RB Leipzig 24 25

FWD Marco Asensio Madrid 26 30

FWD Ansu Fati Barcelona 19 5

FWD Alvaro Morata Atletico 29 57

FWD Yeremi Pino Villarreal 20 7

FWD Ferran Torres Barcelona 22 31

FWD Nico Williams Bilbao 20 3

FWD Pablo Sarabia PSG 30 25

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Terbaik, Kekuatan, dan Kelemahan Timnas Spanyol

Bintang

Spanyol akan membawa tim yang seimbang dan penuh bintang ke Qatar. Sergio Busquets dan Jordi Alba di antara anggota terakhir yang tersisa dari generasi emas. keduanya kemungkinan besar akan memainkan Piala Dunia terakhir mereka.

Trio Barcelona Ferran Torres, Pedri dan Gavi akan menambah kekuatan bintang dari generasi baru talenta Spanyol.

Kekuatan

Para veteran Spanyol akan menjadi tulang punggung, tetapi kunci kejayaan terletak pada talenta muda mereka. Gavi (18), Pedri (19), Ansu Fati (19) dan Ferran Torres (22) adalah nama-nama yang sudah mapan, tetapi dapat mengumumkan diri mereka sebagai superstar sejati di Qatar.

Mereka akan memberikan percikan kreatif untuk membuat Spanyol berpesta jauh ke dalam turnamen.

Kelemahan

Alvaro Morata telah mengantongi rata-rata hampir satu gol setiap dua pertandingan untuk Spanyol, tetapi dia adalah titik fokus yang kurang dapat diandalkan dibandingkan pendahulunya Fernando Torres dan David Villa.

Striker Atletico Madrid yang hingga saat ini masih jauh dari potensi masifnya, memiliki kesempatan untuk membuat pernyataan tahun ini. Pastinya tidak akan ada kekurangan peluang yang diciptakan untuknya.

Grup Piala Dunia Spanyol

Ini adalah Grup E yang rumit bagi Spanyol di Qatar. Jika mereka dapat mengatasi ujian ini tanpa cedera, penantang terkemuka lainnya kemungkinan besar akan duduk dan memperhatikan.

Kosta Rika dan Jepang sama-sama mencapai babak sistem gugur belakangan ini. Sementara juara dunia 2014, Jerman, kembali solid setelah masa bencana di Rusia dan kekecewaan di Euro 2021.

Jadwal Piala Dunia Spanyol dan jadwal pertandingan

Tanggal Pertandingan Waktu (ET) Stadion

Rabu, 23 November Spanyol vs Kosta Rika 11:00 Al Thumama

Minggu, 27 November Spanyol vs Jerman 14:00 Al Bayt

Kamis, 1 Desember Spanyol vs Jepang 14.00 Internasional Khalifa

3 dari 3 halaman

Skuad Spanyol vs Kosta Rika dan Susunan Pemain La Furia Roja

Dengan perpaduan antara pemain muda dan pengalaman yang sekarang diperkeras di panggung besar, sepertinya tidak akan ada terlalu banyak kejutan dalam susunan pemain awal Enrique untuk tes pembukaan melawan Kosta Rika.

Berikut proyeksi starting XI vs Kosta Rika

GK: Simon

DF: Carvajal, Garcia, Laporte, Alba

MF: Gavi, Busquets, Pedri

FW: Torres, Sarabia, Morata

Bisakah Spanyol mengganti pemain di skuad Piala Dunia mereka?

Setelah daftar 26 pemain terakhir yang dinyatakan resmi, tim yang berpartisipasi di Piala Dunia hanya dapat melakukan perubahan sebelum pertandingan pertama turnamen, dan hanya dalam keadaan luar biasa.

Menurut aturan resmi turnamen (halaman 32), "seorang pemain yang terdaftar di daftar final hanya boleh diganti jika mengalami cedera serius atau sakit hingga 24 jam sebelum dimulainya pertandingan pertama timnya."

Tim yang bersangkutan perlu menyerahkan laporan medis kepada FIFA dan jika badan pengatur dunia menentukan "cedera atau penyakit cukup serius untuk mencegah pemain mengambil bagian dalam Piala Dunia FIFA" maka penggantian akan diizinkan.

Pemain pengganti harus berasal dari daftar awal pemain yang diajukan ke FIFA pada Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini