Sukses

Iwan Bule: Timnas Indonesia Sudah Daftarkan Jordi Amat dan Sandy Walsh ke Piala AFF 2022

Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyebut Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Namun, agar bisa bermain, keduanya terlebih dulu harus menuntaskan proses pemindahan federasi dari negara asal ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh kabarnya sudah masuk dalam jajaran skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kala menghadiri pengambilan sumpah WNI kedua pemain di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemnkumham) DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022).

“Insyaallah (Jordi dan Sandy membela Indonesia di Piala AFF). Kalau pendaftaran, (mereka) sudah masuk dalam (daftar) pemain timnas,” ujar Ketum PSSI kepada awak media.

Kendati demikian, Jordi dan Sandy harus lebih dulu menyelesaikan proses peralihan federasi dari negara asal ke Tanah Air. Mereka baru bisa memperkuat Skuad Garuda di ajang sepak bola bergengsi Asia Tenggara usai merampungkan prosedur tersebut.

“Tetapi, nanti kan (mereka) akan main, harus ada peralihan federasi (terlebih dahulu), itu penting, ya. Kalau soal didaftarkan ke timnas, sudah (didaftarkan) oleh Shin Tae-yong,” sambung sosok yang akrab disapa Iwan Bule.

Sebelumnya, Ketum PSSI juga telah menyatakan pihaknya bakal berkirim surat ke FIFA terkait pemindahan federasi Jordi dan Sandy.

Iriawan berharap proses ini dapat segera rampung, sehingga kedua pemain dapat tampil bersama tim racikan Shin Tae-yong dalam kompetisi yang dihelat pada pengujung tahun ini.

“Nanti tentunya ada surat ke FIFA tentang perubahan federasi, dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu ke PSSI,” katanya

“Sekali lagi mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai, sehingga mereka bisa memperkuat Timnas kita yang akan main di Piala AFF,” pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Bela Timnas Indonesia

Di sisi lain, Jordi Amat telah mengisyaratkan dirinya siap membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pesepak bola berusia 30 tahun itu bahkan punya ambisi besar untuk meraih trofi bersama Skuad Garuda.

“Seperti yang saya katakan, gol besar kami adalah memenangkan sesuatu (trofi) bersama Indonesia. Kami punya turnamen pertama pada Desember, jadi kita akan mencobanya. Bersama-sama kita pasti bisa,” ujarnya kepada awak media.

Jordi mengaku optimistis pada potensi Tanah Air. Pasalnya, pasukan Merah Putih dipandang memiliki komposisi pemain yang bagus serta pelatih berkualitas. Ia pun berharap suporter dapat memberi dukungan penuh bagi Skuad Garuda.

“Kami butuh dukungan suporter. Kita punya tim yang bagus dan juga pelatih yang apik. Kita bisa melakukannya, saya sangat optimis,” sambung dia dalam kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Sandy Walsh

Pernyataan serupa juga sempat diutarakan oleh Sandy Walsh. Pemain berusia 27 tahun menegaskan dirinya siap menjadi amunisi pasukan Merah Putih di Piala AFF edisi ini. Ia pun bertekad memberi kontribusi bagi perkembangan Timnas Indonesia.

“Saya siap bermain di setiap pertandingan (dalam Piala AFF), saya ingin menang. Jadi, saya akan siap untuk (dipanggil ke) tim dan berkompetisi dengan timnas-timnas lainnya,” tutur pria kelahiran Belgia.

“Target saya adalah untuk membantu tim agar bertumbuh selangkah demi selangkah, seperti yang sudah mereka lakukan saat ini,” katanya lagi.

4 dari 4 halaman

Perlu Bergerak Cepat

PSSI perlu bergerak cepat jika ingin melihat Jordi Amat dan Sandy Walsh berlaga di Piala AFF 2022. Apalagi registrasi terakhir daftar pemain sementara untuk turnamen tersebut bakal ditutup pada 20 November mendatang.

Meski terbilang mepet, Iwan Bule nampaknya cukup optimistis menanggapi potensi keikutsertaan kedua pemain di ajang sepak bola Asia Tenggara. Ia juga berencana mengajukan permohonan informal soal pemindahan federasi kepada FIFA.

“Kita berharap demikian (Jordi dan Sandy bisa tampil) karena ini kalau KTP, KK, paspor cepat kita lampirkan, (lalu) kita kirim ke FIFA, FIFA nanti proses.”

“Kita harap mungkin secara formal surat akan (dikirimkan). Secara informal saya akan sampaikan ke teman-teman di FIFA,” pungkas Ketum PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.