Sukses

Sandy Walsh Tegaskan Siap Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Pemain naturalisasi Sandy Walsh menyatakan dirinya siap membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pesepak bola berusia 27 tahun itu baru saja mendapatkan status sebagai WNI usai mengambil sumpah setia kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham Jakarta pada Kamis (17/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Sandy Walsh resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ia bersama Jordi Amat baru saja disumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Pasca penetapannya sebagai warga Tanah Air, Sandy langsung berbicara soal Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi itu menyatakan siap membela Skuad Garuda dan menunggu arahan pelatih Shin Tae-yong.

“Timnas memiliki banyak pemain bagus. Saya akan menunggu keputusan pelatih untuk meramu semua potensi yang ada. Kami siap membantu tim ini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara,” ujarnya saat ditemui di Kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Sandy dan Jordi memang diharapkan bisa segera masuk ke Timnas Indonesia. Pasalnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong bakal menghadapi Piala AFF yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023.

Sandy sendiri mengakui dirinya tak keberatan menjadi amunisi pasukan Merah Putih di ajang sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu. Ia pun bertekad memberi kontribusi bagi perkembangan Skuad Garuda.

“Saya siap bermain di setiap pertandingan (dalam Piala AFF), saya ingin menang. Jadi, saya akan siap untuk (dipanggil ke) tim dan berkompetisi dengan timnas-timnas lainnya,” ungkap pria kelahiran Belgia.

“Target saya adalah untuk membantu tim agar bertumbuh selangkah demi selangkah, seperti yang sudah mereka lakukan saat ini,” pungkas Walsh dalam kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pindah Federasi

Meski telah menjadi WNI dan menyatakan siap membela Timnas Indonesia, Sandy dan Jordi masih belum seratus persen dapat dipastikan turun di Piala AFF 2022. Pasalnya, mereka harus melalui tahap pergantian federasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkap pihaknya akan berkirim surat ke FIFA untuk menyelesaikan prosedur tersebut. Ia pun berharap proses pemindahan federasi segera rampung, sehingga keduanya bisa mentas di Piala AFF 2022.

“Nanti tentunya ada surat ke FIFA tentang perubahan federasi, dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu PSSI,” ujar Ketum PSSI pasca pengambilan sumpah WNI untuk Jordi dan Sandy di Kanwil Kemenkumham Jakarta pada Kamis (17/11/2022).

“Sekali lagi mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai, sehingga mereka bisa memperkuat timnas kita yang akan main di Piala AFF,” sambung sosok yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

3 dari 3 halaman

Senang Jadi WNI

Sebelumnya, Sandy Walsh juga sempat mengutarakan isi hati usai ditetapkan sebagai WNI. Pemuda berusia 27 tahun itu mengaku senang bisa menjadi warga Tanah Air. Ia bahkan sempat terharu saat menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

“Saya hanya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti bangga pada saya. Ini momen yang membanggakan,” ujarnya pada awak media.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada Iwan Bule dan PSSI. Terima kasih pula untuk semua orang yang telah bekerja di balik layar. Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia."

“Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah hari ini. Saya (tadi) menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih,” pungkas Walsh saat ditemui di Kanwil Kemenkumham pada Kamis (17/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.