Sukses

Resmi Jadi WNI, Sandy Walsh Terharu saat Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Sandy Walsh bersama Jordi Amat resmi disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Kamis (17/11/2022). Sandy mengaku senang menjadi warga Tanah Air. Ia pun mengaku terharu saat menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola Sandy Walsh resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ia bersama Jordi Amat mengambil janji setia kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham pada Kamis (17/11/2022) pukul 13.00 WIB.

Sandy mengaku senang bisa diresmikan menjadi warga Tanah Air. Ia menyebut momen tersebut merupakan peristiwa membanggakan bagi keluarganya. Sandy bahkan mengaku sempat terharu saat menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

“Saya cuma mau bilang terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti bangga pada saya. Ini adalah momen yang membanggakan,” ujarnya di hadapan awak media.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada Iwan Bule dan PSSI. Terima kasih pula untuk semua orang yang telah bekerja di balik layar. Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia.

“Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah hari ini. Saya (tadi) menutup mata dan menangis. Jadi, sekali lagi terima kasih,” pungkas pesepak bola berusia 27 tahun pada Kamis (17/11/2022).

Seperti diketahui, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah menjalani serangkaian proses untuk melakukan naturalisasi. Diawali dengan wawancara di Badan Intelijen Negara (BIN), keduanya juga telah melalui tes kesehatan, sebelum akhirnya mendapat rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Pada 9 November 2022, surat keputusan Presiden RI yang ditandatangani oleh Joko Widodo pun dikeluarkan. Keppres atas nama Sandy bernomor lima (5), sementara Jordi dengan nomor enam (6). Keppres tersebut lantas diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat KK dan KTP

Setelah ini, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan segera dibuatkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor Indonesia. Ketum PSSI Mochamad Iriawan menemani langsung proses pembuatan dokumen-dokumen tersebut.

“Proses selanjutnya, kami akan sampaikan adalah pembuatan KK, kemudian KTP, dan Paspor Indonesia. Hari ini juga say antar dua-duanya ke Dukcapil spaya proses KK, paspor, dan KTP, segera selesai,” ujar Iwan Bule pada kesempatan yang sama.

“Kami dari federasi sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden. Dalam hal ini, beliau telah menandatangani pergantian warga negara dari negara asal Spanyol-Belanda ke Indonesia. Juga kepada Bapak Menpora yang terus mengawal proses ini,” katanya lagi.

3 dari 3 halaman

Pergantian Federasi

Lebih lanjut, Iwan Bule menjelaskan, PSSI selanjutnya akan mengirim surat ke FIFA terkait perubahan federasi kedua pemain. Ketum PSSI berharap proses ini dapat segera selesai agar Jordi dan Sandy bisa cepat membela Timnas Indonesia.

“Nantinya tentunya ada surat kita ke FIFA tentang perubahan federasi, dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu ke PSSI,” beber Iwan Bule.

“Oleh sebab itu sekali lagi mohon doanya dari teman-teman agar proses ini segera selesai, sehingga mereka bisa memperkuat Timnas kita yang akan main di Piala AFF,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.