Sukses

Gareth Southgate Tegaskan Peran Penting Harry Maguire di Timnas Inggris Jelang Piala Dunia 2022

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate menilai Harry Maguire merupakan sosok penting bagi skuad asuhannya jelang Piala Dunia 2022. Terlepas dari waktu bermain yang minim, Maguire masih dipandang sebagai salah satu pemimpin The Three Lions, di samping Harry Kane dan Jordan Henderson

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate kembali memberi dukungan bagi Harry Maguire. Juru taktik berusia 52 tahun itu meyakinkan sang pemain bahwa dirinya tetap menjadi soosok penting dalam skuad The Three Lions di Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, performa Maguire bersama MU memang sedang loyo. Ia jarang diturunkan sebagai starter Liga Inggris, menyusul kekalahan beruntun Setan Merah dari Brighton & Hove Albion serta Brentford pada awal musim ini.

Metro mencatat eks penggawa Leicester City baru bermain selama 511 menit dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi sejak kedatangan manajer Setan Merah Erik ten Hag.

Juru taktik berkepala plontos memang lebih suka mempercayakan lini belakang skuadnya pada Lisandro Martinez dan Raphael Varane, alih-alih menggunakan jasa Maguire.

Di tengah minimnya waktu bermain di level klub, Southgate secara mengejutkan tetap memanggil Maguire untuk memperkuat Timnas Inggris dalam perhelatan Piala Dunia Qatar.

Pelatih The Three Lions itu menilai kehadiran sang pemain masih krusial dalam skuad asuhannya. Bek tengah berusia 29 tahun itu dipandang sebagai salah satu pemimpin Timnas Inggris, di samping Harry Kane dan Jordan Henderson.

Laporan Daily Mail menyebut Southgate telah berupaya menjelaskan langsung kepada Maguire bahwa dirinya penting bagi tim. Motivasi terus diberikan lewat obrolan pribadi di antara kedua pihak demi meningkatkan semangat bintang MU.

Pemberitaan lain juga mengeklaim Southgate rutin melakukan kontak dengan Maguire demi memastikan dirinya merasa dihargai. Sang pelatih nampaknya ingin mengangkat kepercayaan diri anak asuhnya jelang Piala Dunia Qatar 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Pemain Lain

Sebelumnya, sesama pemain Timnas Inggris, John Stones, juga sempat pasang badan di tengah kritik yang menghampiri Maguire akhir-akhir ini.

Penggawa Manchester City menunjukkan simpatinya terhadap sang kompatriot. Ia juga memuji Maguire dengan menyebutnya sebagai sosok pemain yang luar biasa.

“Saya hanya mendengar tentang (kritik) itu. Saya belum pernah melihatnya. Saya sempat melalui masa-masa sulit dan itu tidak mudah. Saya yakin dia (Maguire) juga menyadarinya,” ujar Stones, seperti dilansir dari Daily Mail.

“Dia (Maguire) adalah orang yang tidak mau menyerah. Dia adalah pemain top, sosok yang luar biasa,” sambung rekan setim Maguire di The Three Lions.

“Saya mengagumi mentalitasnya. Ini bukan soal membuktikan bahwa orang lain salah, (tetapi) dia membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dia tetap setia pada apa yang dia yakini dan perjuangkan,” kata Stones menambahkan.

3 dari 4 halaman

Alasan Southgate

Southgate sebenarnya sudah pernah buka suara mengenai alasannya tetap memanggil Harry Maguire untuk membela Inggris di Piala Dunia Qatar 2022.

Juru taktik The Three Lions mengaku belum yakin dengan bek-bek muda di timnya. Dia lebih ingin menaruh kepercayaan pada Maguire, yang dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik dalam skuad.

“Kami tidak berpikir para bek muda sudah menunjukkan cukup banyak hal (positif) yang bisa mendorong pemain-pemain lebih tua keluar (dari skuad Timnas Inggris).”

“Saya yakin Harry Maguire adalah salah satu bek tengah terbaik kami,” ungkap Southgate, sepert dikutip Liputan6.com dari The People Person.

4 dari 4 halaman

Perubahan Aturan

Legenda Timnas Inggris Wayne Rooney juga turut mengomentari terpilihnya Harry Maguire sebagai salah satu amunisi Inggris di Piala Dunia Qatar 2022. Eks pemain MU yakin Maguire tak bakal mengecewakan The Three Lions.

Walau begitu, kehadiran bek Setan Merah dipandang sebagai salah satu bukti perubahan aturan Southgate. Pasalnya, sang pelatih dulu memiliki kebijakan untuk tidak mendatangkan pemain yang tampil kurang bagus ke dalam skuad.

“Hal ini menarik karena ketika saya berada di skuad (Inggris) saat Gareth masuk, Gareth menegaskan kepada saya bahwa dia hanya memilih pemain berdasarkan performa, dan saya tidak bermain (bagus) jadi jelas saya tidak dipilih,” ungkap Rooney kepada talkSPORT.

“Namun kelihatannya dia sudah tidak menerapkan itu sekarang, (karena) jelas ada Harry dan beberapa pemain lain di skuad yang belum tampil (apik),” katanya lagi.

“Saya pikir Harry adalah seorang profesional. Dia akan menjadi starter di pertandingan (Timnas Inggris). Saya yakin dia tidak akan mengecewakan Inggris,” pungkas Rooney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.