Sukses

5 Klub yang Kirim Pemain Terbanyak ke Piala Dunia 2022, Ada Manchester United

Lima klub dunia yang mengirimkan pemainnya paling banyak ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan hari, Piala Dunia 2022 Qatar, tepatnya pada 20 November 2022, akan dimulai. Klub-klub di dunia sudah mengirimkan sebagian pemainnya ke Piala Dunia 2022 untuk membela negara masing-masing.

Ada lima klub di dunia yang menjadi penyumbang pemain terbanyak ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Para pemain dari liga domestik Eropa menghiasi nama-nama pemain di negara yang berlaga pads Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

1. Bayern Munchen

Di peringkat pertama yaitu klub Bundesliga Jerman, Bayern Munchen yang mengirimkan 17 pemain ke berbagai negara di Piala Dunia 2022. Catatan ini menjadi rekor tersendiri bagi Munchen mengalahkan rekor Manchester City pada Piala Dunia 2018 yang mengirimkan 16 pemain.

Manuel Neuer (Jerman), Dayot Upamecano (Prancis), Benjamin Pavard (Prancis), Lucas Hernandez (Prancis), Matthijs de Ligt (Belanda), Alponsho Davies (Kanada), Noussair Mazraoui (Maroko), Josip Stanišić (Kroasia).

Joshua Kimmich (Jerman), Leon Goretzka (Jerman), Jamal Musiala (Jerman), Thomas Muller (Jerman), Serge Gnabry (Jerman), Leroy Sane (Jerman), Kingsley Coman (Prancis), Sadio Mane (Senegal) dan Eric Maxim Choupo-Moting (Kamerun).

Munchen paling banyak menyumbang pemain untuk Timnas Jerman. Tercatat De Bavarian mengirimkan 7 pemain untuk Der Panzer pada gelaran Piala Dunia 2022 ini.

Dilansir dari Futbal Infinito, sebelumnya juga ada klub dari Korea Selatan, Seoul Army Club yang pernah mengirimkan 16 pemainnya ke Piala Dunia pada saat Korea Selatan debut di Piala Dunia tahun 1954.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Barcelona

Di posisi kedua ada Barcelona yang mengirimkan 16 pemain ke Piala Dunia 2022 Qatar. Sebenarnya Barcelona juga mengirimkan 17 pemain, namun satu pemain yaitu Sergino Dest (USA) merupakan pemain yang dipinjamkan ke AC Milan, maka tidak terhitung.

Para pemain Barca yang dipanggil negaranya masing-masing yaitu, Eric Garcia, Jordi Alba, Pedri, Gavi, Busquets, Ansu Fati dan Ferran Torres (Spanyol), Jules Kounde dan Ousmane Dembele (Prancis).

Lalu Frenkie de Jong dan Memphis Depay (Belanda), Ronald Araujo (Uruguay), Ter Stegen (Jerman) dan Robert Lewandowski (Polandia).

Seluruh pemain El Barca yang dipanggil ke timnas masing-masing memang menjadi andalan di klub. Hanya Ronald Araujo yang beberapa kali absen karena cedera dan saat ini dikabarkan sudah pulih untuk berangkat ke Qatar.

3 dari 5 halaman

3. Manchester City

Manchester City mengulangi jumlah pada tahun 2018 dengan mengirimkan 16 pemain juga ke Piala Dunia 2022. City paling banyak mengirimkan pemain ke Inggris (5) dan Portugal (3).

Pemain City yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 yakni, John Stones, Kyle Walker, Kalvin Phillips, Phil Foden, Jack Grealish (Inggris), Joao Cancelo, Ruben Dias dan Bernardo Silva (Portugal).

Lalu Manuel Akanji (Swiss), Ederson (Brasil), Kevin De Bruyne (Belgia), Ilkay Gundogan (Jerman), Nathan Ake (Belanda), Aymeric Laporte dan Rodri (Spanyol).

Sayangnya, para pemain Manchester City berangkat ke Qatar tidak dengan mood baik setelah kalah di laga terakhir Liga Primer Inggris sebelum jeda. Pasukan Pep Guardiola ini ditekuk Brentford 1-2 di kandang sendiri.

4 dari 5 halaman

4. Manchester United

Di posisi selanjutnya ada rival satu kota Man City, yaitu Manchester United. MU menyumbang total 14 pemain dari berbagai negara untuk bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Di antaranya, Antony, Casemiro, Fred (seluruhnya Brasil), Christian Eriksen (Denmark), Raphael Varane (Prancis), Harry Maguire, Luke Shaw, Marcus Rashford (seluruhnya Inggris), Diogo Dalot, Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo (seluruhnya Portugal), Facundo Pellistri (Uruguay), Tyrell Malacia (Belanda), Lisandro Martinez (Argentina).

Nyaris seluruh pemain mendapatkan menit bermain reguler dari sang arsitek, Erik Ten Hag. Hanya Facundo Pellistri yang belum bermain sama sekali dan Tyrell Malacia, yang baru bermain sembilan kali di Liga Inggris.

Di Liga Inggris, Manchester United menempati posisi ke-5 klasemen sampai pekan terakhir sebelum dihentikan sementara. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil mengunci kemenangan 2-1 atas Fulham sebelum jeda.

5 dari 5 halaman

5. Real Madrid

Real Madrid menjadi pengirim pemain terbanyak kelima dengan 13 pemain. Pengoleksi 14 gelar Liga Champions Eropa ini menyumbangkan 14 pemain untuk delapan negara berbeda.

Pemain Real Madrid yang dikirim ke Piala Dunia 2022 adalah Thibaut Courtois (Belgia), Eder Militao (Brasil), Dani Carvajal (Spanyol) dan Antonio Rudiger (Jerman).

Lalu, Aurelien Tchouameni (Prancis), Federico Valverde (Uruguay), Luka Modric (Kroasia), Vinicius Jr (Brasil), Rodrygo (Brasil), Karim Benzema (Prancis), Eden Hazard (Belgia), Marco Asensio (Spanyol), dan Eduardo Camavinga (Prancis).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.