Sukses

Demi Bertahan di MU, David de Gea Harus Rela Terima Pemotongan Gaji

Masa bakti David de Gea bersama MU akan habis pada pengujung musim ini. Penjaga gawang asal Spanyol konon harus rela menerima pemotongan gaji signifikan jika dia ingin memperpanjang kontraknya di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta David de Gea bakal menghadapi cobaan besar di Manchester United (MU). Penjaga gawang asal Spanyol itu harus rela gajinya dipotong jika ingin menyegel kontrak baru bersama Setan Merah.

Dilansir dari Mirror, De Gea saat ini masih terikat kesepakatan yang membuatnya meraup sekitar 375.000 poundsterling per pekan di Old Trafford. Akan tetapi, kontrak tersebut bakal berakhir pada pengujung musim.

MU sebenarnya punya opsi untuk memperpanjang masa tinggal De Gea selama satu tahun lagi. Namun, pihak klub nampaknya belum mau mengaktifkan klausul tersebut.

Di sisi lain, manajer MU Erik ten Hag masih enggan berpisah dengan David de Gea. Juru taktik berkepala plontos konon telah memberi tahu atasannya terkait rencana menyodorkan kontrak baru pada sang pemain.

De Gea sendiri juga memiliki perasaan yang sama dengan Ten Hag. Ia sudah pernah angkat bicara soal masa depannya di MU. Eks kiper Atletico Madrid mengaku masih ingin membela Setan Merah hingga beberapa musim ke depan.

“Ini adalah klub saya dan di sinilah saya merasa senang. Saya bermain dengan baik dan merasa sangat baik. Saya pikir saya masih punya banyak waktu untuk bermain di sini. Saya merasa percaya diri,” ujar De Gea, seperti dilansir dari Mirror.

“Ya, saya ingin tinggal di sini (MU) lebih lama lagi dan mencetak rekor pertandingan. (Saya juga ingin) mencoba membantu para pemain muda di sini dengan pengalaman saya, serta memenangkan trofi,” sambung dia.

Sayangnya, ada harga yang harus dibayar De Gea jika ingin mengenakan seragam MU lagi musim depan. Laporan Daily Star menyebut pihak klub berencana memangkas gaji sang kiper setidaknya 100.000 poundsterling per pekan demi menghemat 5 juta poundsterling per tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

De Gea di MU

Sekadar informasi, David de Gea sudah lebih dari satu dekade membela MU. Ia pertama kali diboyong oleh Sir Alex Ferguson dari Atletico Madrid menuju Old Trafford pada 2011.

Penjaga gawang asal Spanyol belum lama ini mencatatkan penampilan ke-500-nya bersama MU. Meski ia gagal tembus ke skuad La Furia Roja untuk Piala Dunia 2022, De Gea layak diperhitungkan sebagai kiper kelas dunia.

Bukti kehebatannya terlihat kala MU menaklukkan West Ham dengan 1–0 dalam laga lanjutan Liga Inggris pada akhir bulan lalu. Laporan Mirror mengungkap De Gea membuat tiga penyelamatan apik yang mengantar timnya mengemas tiga pon di laga tersebut.

3 dari 5 halaman

Kiper Lain

MU sejatinya punya cadangan penjaga gawang selain David De Gea. Klub yang menghuni peringkat lima klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 itu baru saja mendatangkan Martin Dubravka dengan status pinjaman dari Newcastle United.

Kendati demikian, Setan Merah diklaim masih berupaya mencari alternatif. Klub asuhan Erik ten Hag sempat digadang-gadang menaruh hati pada penggawa Atletico Madrid, Jan Oblak.

Malang, pemain internasional Slovenia sudah menandatangani perpanjangan kontrak jangka panjang yang membuatnya harus membela pasukan Diego Simeone hingga 2028.

MU nampaknya ogah menggelontorkan biaya transfer besar hanya demi mengontrak pemain yang bakal segera memasuki usia 30 tahun. Oleh karena itu, Setan Merah diyakini masih menebar radar demi menemukan kiper baru.

4 dari 5 halaman

Pemain Brighton

Salah satu nama yang belakangan mulai dikaitkan dengan MU adalah penjaga gawang Brighton & Hove Albion, Robert Sanchez. Laporan Metro mengeklaim Setan Merah saat ini tengah mamantau situasinya.

Pemain bernomor punggung satu milik The Seagulls itu memang tampil cukup bagus sejak awal musim. Ia bahkan diberi tiket oleh pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique untuk berangkat membela negaranya di Piala Dunia Qatar 2022.

Scouting Department Ten Hag di Old Trafford pun bergerak mengobservasi Sanchez. Sang raksasa Liga Inggris menaruh minat pada dia. Penjaga gawang berusia 24 tahun itu dipandang sebagai pengganti jangka panjang potensial bagi David de Gea.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Erik ten Hag