Sukses

Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2022: Toprak Razgatlioglu Menang, Alvaro Bautista Menguntit

Toprak Razgatlioglu sukses mengasapi Alvaro Bautista di race 1 WSBK 2022 seri Indonesia yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (12/11/2022). Ia memanfaatkan privilese start terdepan dan menjadi juara di balapan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Toprak Razgatlioglu sukses merebut juara di race 1 World Superbike (WSBK) 2022 seri Indonesia yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022) siang WIB.

Pembalap Pata Yamaha itu finis di posisi terdepan, mengungguli Alvaro Bautista yang cuma bisa menguntit di peringkat dua. Catatan ini membuat sang pemuncak klasemen belum dapat mengunci gelar juara dunia.

Razgatlioglu mampu memanfaatkan privilesenya untuk start di posisi terdepan. Ia terus memimpin balapan sejak lap-lap awal.

Jonathan Rea yang memulai di tempat kedua juga cukup kompetitif di awal balapan. Rider Kawasaki Racing team itu kian berupaya membuntuti sang juara musim lalu.

Alvaro Bautista tak mau ketinggalan memacu kuda besinya. Pemuncak klasemen sementara WSBK 2022 perlahan-lahan naik ke urutan tiga dan menebar ancaman bagi Razgatlioglu serta Rea. Adapun Andrea Locatelli dari Pata Yamaha menyusul di posisi empat.

Persaingan sengit tersaji di pertengahan race 1. Bautista, yang tak mau puas dengan tempat ketiga berusaha menyalip Rea. Pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia WSBK enam kali berturut-turut itu pun dipaksa turun satu tingkat.

Posisi empat besar tak berubah hingga memasuki lap ke-14. Razgatlioglu masih dominan di tempat pertama, disusul Bautista, Rea, dan Locatelli yang masing-masing menghuni urutan dua, tiga, serta empat.

Perubahan baru terjadi di lap 15. Locatelli tergusur oleh Michael Rinaldi. Ia mau tak mau harus menghuni urutan kelima, diikuti Xavi Vierge dan Alex Lowes.

Beruntung Locatelli bisa kembali ke empat besar di lap-lap akhir. Namun, ia sudah tak mampu mengejar tiga pembalap terdepan. Alhasil, posisi pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut menjadi milik Razgatlioglu, Bautista, serta Rea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pecah Rekor di FP3

Toprak Razgatlioglu memang tampil gemilang hari ini. Sebelum merebut posisi pertama di race 1, pembalap asal Turki itu juga menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) yang berlangsung pada Sabtu (12/11/2022) pagi WIB.

Razgatlioglu bahkan sanggup mencetak rekor di sesi tersebut. Ia mencatatkan waktu laps 1 menit 32,294 detik, yang membuatnya unggul 1 detik dibandingkan pembalap-pembalap lain.

Dominasi rider Pata Yamaha masih sulit dipatahkan di Superpole. Ia kembali merebut tempat pertama sekaligus memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 31,371 detik.

Jonathan Rea merebut posisi kedua, disusul Locatelli di tempat ketiga. Sementara itu, Alvaro Bautista harus puas di bawah Locatelli, yang membuatnya start di posisi kelima dalam race 1 WSBK Mandalika siang ini.

3 dari 4 halaman

Hasil Race 1

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing - Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing - Ducati)

6. Xavi Vierge (Team HRC)

7. Garrett Gerloff (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

10. Loris Baz (Bonovo Action BMW)

11. Xavi Fores (BARNI Spark Racing Team

12. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

13. Hafizh Syahrin (MIE Racing Honda Team)

14. Eugene Laverty (Bonovo Action BMW)

15. Kohta Nozane (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

16. Oliver Konig (Orelac Racing Verdnatura)

Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team)

Kyle Smith (TPR Team Pedercini Racing)

Leandro Mercado (MIE Racing Honda Team)

Philpp Oettl (Team Goeleven)

4 dari 4 halaman

Jadwal WSBK Mandalika 2022

Minggu, 13 November 2022

07.30 - 07.45 WIB: WUP WorldSBK

07.55 - 08.10 WIB: WUP WorldSSP

09.30 WIB: SPR WorldSBK

11.00 WIB: Race 2 WorldSSP

12.30 WIB: Race 1 WorldSBK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.